Nasional

Pemerintah Rencana Bubarkan 18 Lembaga Negara, Bamsoet: Harus Sertakan Solusi

Oleh : Marsi Edon - Rabu, 15/07/2020 12:02 WIB

Ketua MPR RI Periode 2019-2024 Bambang Soesatyo.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Rencana pemerintah membubarkan 18 lembaga negara mendapatkan tanggapan Ketua MPR Bambang Soesatyo.(Bamsoet). Bamsoet memberikan tanggapan karena lebih memikirkan nasib pegawai dari lembaga yang akan dibubarkan tersebut.

Menurut Bamsoet, pemerintah seharusnya menyiapkan secara matang berkaitan dengan pembubaran 18 lembaga negara yang ada serta masa depan pegawainya. Tanpa ada solusi seperti ini, wacana tersebut hanya akan menimbulkan masalah baru di kemudian hari.

""Pemerintah memberikan solusi penyelamatan yang baik terhadap seluruh pegawai yang bekerja di 18 lembaga tersebut agar tidak kehilangan mata pencaharian, terlebih lagi di tengah situasi pandemi Covid-19 cukup sulit untuk mencari pekerjaan baru," kata Bamsoet dalam keterangan tertulisnya kepada media, Jakarta, Rabu,(14/07/2020)

Politisi Golkar tersebut mengakui, rencana pembubaran lembaga negara yang ada, bertujuan untuk menghemat anggaran. Uang negara yang dipakai selama kebutuhan lembaga-lembaga tersebut dapat dialihkan untuk kebutuhan yang lain.

Namun, ia menekankan, membubarkan lembaga negara bukan perkara mudah. Presiden selaku pemegang kekuasaan tertinggi dalam pemerintahan perlu mencari jalan tengah guna mengurangi potensi masalah di masa depan.

"Pembubaran 18 lembaga tersebut dilakukan untuk efisiensi anggaran, dan anggaran yang semula diperuntukkan bagi 18 lembaga negara itu dapat dialokasikan ke kementerian/lembaga lain yang membutuhkan untuk hasil kerja lebih optimal," tegasnya.

Lebih ia menjelaskan, pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat serius kepada masyarakat. Tidak hanya masalah kesehatan semata, namun, sektor ekonomi, sangat dirasakan oleh masyarakat maupun pegawai.

Menyikapi masalah di atas, negara mesti lebih cermat dalam mengambil keputusan yang sifatnya strategis. Perlu rencana yang akurat dan lebih matang untuk memutuskan suatu kebijakan.

Ia berharap, seluruh lembaga negara ada dapat meningkatkan kinerjanya. Covid-19 menuntut pemerintah bekerja keras menghadirkan solusi bagi masyarakat yang mengalami dampak langsung pandemi Covid-19.

 

 

 

 

Loading...

Artikel Terkait