Pojok Istana

Jokowi Perintahkan Menterinya Fokus Kampanyekan Penggunaan Masker

Oleh : Ronald - Senin, 03/08/2020 13:30 WIB

Presiden Joko Widodo (Foto:Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para menteri di kabinetnya untuk fokus kampanye pada dua pekan ini terkait pencegahan pandemi virus corona (Covid-19). Fokus kampanye akan menintikberatkan pada penggunaan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Saya ingin fokus saja mungkin dalam dua minggu kita fokus pada kampanye mengenai pakai masker," ujarnya dalam rapat terbatas dalam topik Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (3/8/2020).

Jokowi mengatakan, kampanye dalam dua minggu tersebut bisa memilih terlebih dahulu apakah fokus pada penggunaan masker di tempat umum, rutin mencuci tangan dan selalu menjaga jarak.

"Nanti dua minggu berikut kampanye tentang jaga jarak atau cuci tangan, misalnya. Dua minggu berikut lagi, tidak dicampur lagi urusan cuci tangan, urusan jaga jarak, urusan tidak berkerumun, pakai masker," tuturnya.

Jokowi juga mengatakan "case recovery rate" di Indonesia dari data terakhir 61,9 persen yang disebutnya semakin baik dan diharapkan terus meningkat angkanya.

Karena itu, Presiden Jokowi ingin protokol kesehatan dan perubahan perilaku dikalangan masyarakat harus betul-betul menjadi perhatian. Sebab itu, dirinya meminta agar kampanye perubahan perilaku itu dilakukan secara bertahap mulai dari tahap awalnya kampanye memakai masker yang masif.

Jokowi khawatir jika tiga poin tentang perilaku sehat di tengah pandemi Covid-19 digabung dalam satu kali kampanye tidak akan mengena pada masyarakat, khususnya menengah ke bawah. Kondisi berbeda jika kampanye pada masyarakat menengah ke atas.

"Kalau barengan itu mungkin untuk menengah atas itu bisa ditangkep secara cepat tetapi yang di bawah ini yang menurut saya memerlukan satu persatu," ujar mantan gubernur DKI Jakarta ini. (rnl)

Loading...

Artikel Terkait