Pojok Istana

Peringati Hari Pramuka, Jokowi Ajak Peserta Giatkan Gerakan Disiplin Nasional

Oleh : Ronald - Rabu, 12/08/2020 17:35 WIB

Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini Presiden Jokowi peringati hari Pramuka dilakukan secara virtual di Istana Negara, Rabu (12/8/2020). (Foto : Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melaksanakan upacara memperingati Hari Pramuka ke-59 tahun 2020 melalui siaran telekonference di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (12/8/2020). Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengajak peserta pramuka membuat dua gerakan nasional untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Pertama, jelasnya, gerakan kedisiplinan nasional yang mengajak semua anggota masyarakat agar tertbi untuk mengikuti protokol kesehatan.

"Kedua, gerakan kepedulian nasional yang mengajak masyarakat untuk saling membantu, saling peduli, dan saling berbagi,” kata Jokowi.

 

Menurut Jokowi, dua gerakan tersebut bukan hanya untuk membantu penanganan pandemi, tetapi juga mengasah jiwa dan karakter para anggota pramuka.

Seperti diketahui, pramuka memiliki pedoman hidup untuk disiplin dan membantu sesama, sebagaimana tertuang dalam Dwi Darma, Tri Satya, dan Dasa Darma.

Dia yakin di tubuh setiap anggota pramuka memiliki semangat yang tangguh menghadapi tentangan, peduli dan siap berkorban. 

"Di era pandemi covid 19 yang berat sekarang ini, jiwa dan karakter seperti itulah yang kita butuhkan," ungkap Jokowi.

Loading...

Artikel Terkait