Nasional

Wakil Ketua KPK Cekcok Dengan Anak Amien Rais, Ini Kata KPK

Oleh : Ronald - Sabtu, 15/08/2020 17:30 WIB

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango (Foto : Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) angkat bicara mengenai insiden cekcok yang melibatkan Nawawi Pomolango dengan dengan putra Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais, saat berada dalam penerbangan pesawat Garuda Indonesia rute Gorontalo-Makassar-Jakarta, Rabu (12/8/2020).

Plt juru bicara KPK, Ali Fikri, menyatakan saat itu Nawawi dalam posisi sebagai penumpang yang mengingatkan penumpang lain agar mematuhi aturan penerbangan, terlepas apa pun jabatannya. 

"Posisi Pak Nawawi untuk mengingatkan penumpang lain saat itu lebih bertindak sebagai salah satu penumpang yang menyadari adanya aturan di penerbangan yang wajib dipatuhi oleh siapa pun, tidak peduli anda pejabat negara ataupun tidak," ujar Ali dalam keterangannya, Sabtu (15/8/2020).
 
Namun, teguran yang disampaikan Nawawi saat itu justru dibalas dengan nada ketus oleh Mumtaz. Bahkan, Mumtaz membawa-bawa jabatan rekannya selaku anggota DPR yang saat itu ikut dalam penerbangan.
 
"Iktikad baik mengingatkan yang bersangkutan (Mumtaz) tersebut justru direspons negatif. Bahkan yang bersangkutan sempat mengatakan `kamu, siapa?` Dan mengatakan pada Pak Nawawi saat itu ia sedang bersama dengan salah satu Wakil Ketua Komisi dari DPR-RI," jelas Ali.
 
Ali menjelaskan, saat kejadian, Nawawi tak mengetahui dengan siapa ia berdebat. Nawawi hanya mengingatkan agar penumpang itu agar mematuhi aturan yang berlaku.
 
"Saat itu Pak Nawawi tidak mengetahui nama atau dengan siapa ia bicara tersebut, namun memutuskan untuk mengingatkan penumpang tersebut agar mematuhi aturan yang berlaku di penerbangan. Nawawi juga tidak pernah berharap ia didengar karena ia adalah pimpinan KPK, namun harapannya siapa pun penumpang yang mengingatkan penumpang lain, seharusnya tidak direspons secara negatif. karena hal itu adalah untuk kepentingan bersama," ucap Ali.
 
Setelah memberikan informasi insiden tersebut kepada Pospol Bandara Soetta, Ali memastikan pihak Polres telah menindaklanjutinya dengan menemui Nawawi di gedung KPK.
 
"Pihak Polres Bandara juga sudah datang menemui Pak Nawawi di kantor KPK dan sudah disampaikan pada prinsipnya bahwa penyelesaian kejadian tersebut diserahkan sepenuhnya kepada petugas yang berwajib," tandasnya.
 
 

 

 

 

 

 

 

Loading...

Artikel Terkait