Bisnis

Bersama PNM, Usaha Jual Bensin Ibu Yosina Terus Berkembang

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 25/09/2020 12:30 WIB

Kisah Sukses Nasabah Inspiratif PNM, Ibu Yosina Salamor (Foto: Dok. PNM)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kesuksesan usaha nasabah binaan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM kali ini adalah Ibu Yosina Salamor.

Perempuan kelahiran Ambon, Provinsi Maluku, 25 Maret 1965 ini menjadi nasabah Mekaar binaan PNM Cabang Ambon sejak Tahun 2017 lalu dan bergabung dalam kelompok dengan nama Bogalaga.

Sejak awal, Ibu Yosina bergelut di jenis usaha menjual bensin eceran. Pada 2017 lalu, Ibu Yosina melakukan pengambilan awal sebesar Rp2 juta.

Setahun kemudian, pada 2018, pengambilan plafond ibu Yosina naik dengan sebesar Rp3 juta dan kembali naik pada tahun 2019 s/d sekarang yakni dengan besaran peminjaman Rp4 juta.

Kisah sukses pengembangan usaha Ibu Yosina menjadi torehan baik bagi program pembiyaan dan pembinaan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM.

Diketahui PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengemban tugas khusus memajukan ekonomi kerakyatan dengan memberikan pembiayaan, pendampingan dan pembinaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

PNM memiliki dua produk unggulan yaitu Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang memberikan layanan kepada perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro dan Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang diperuntukan kepada pelaku UMKM.

Dalam merealisasikan komitmen untuk memberikan pendampingan dan pembinaan kepada nasabah, PNM melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) memberikan pendampingan dan pembinaan usaha kepada nasabah, baik berupa pelatihan tematik hingga pembinaan dan pelatihan kelompok usaha (klaster) yang berdasarkan pada kesamaan wilayah ataupun jenis usaha.

Saat ini PNM memiliki lebih dari 3.000 kantor layanan di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 427 Kabupaten/Kota, dan 4.290 Kecamatan.*(RDJ).

Artikel Terkait