Nasional

Nasabah Inspiratif, Mendulang Rupiah dari Kerupuk Kuker Ala Bustami Bakar

Oleh : Rikard Djegadut - Minggu, 27/09/2020 11:30 WIB

Nasabah Inspiratif PNM Cabang Aceh, Bustami A Bakar (Dok.PNM)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kesuksesan usaha nasabah binaan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM kali ini datang dari Bumi Serambi Mekkah milik Bustami A Bakar.

Bustami Abubakar adalah seorang pengusaha Asal Bireuen Aceh nasabah UlaMM. Awalnya Ia mengangap usaha kerupuk kulit yang dijalaninya sebagai usaha sampingan.

Namun siapa sangka, usaha home industri produksi kerupuk kulit kerbau (kuker) pria kelahiran 16 April 1984 sudah berkembang begitu pesat, dengan produksi yang sudah sangat berkembang.

Melihat peluang itu, Bapak Abu bakar pun semakin serius untuk menggeluti bisnis yang menguntungkan ini. Atas nama Istrinya, Hariati, Bustami memulai usahanya dengan dibekali modal yang kecil di tahun 2013.

Ia mencoba mengembangkan usahanya dengan bantuan modal pembiayaan dari ULaMM Bireuen PNM cabang Aceh dengan mendapatkan fasilitas sebesar Rp. 60.000.000,

Sampai dengan saat ini, Bustami sudah mendapatkan 5x penambahan modal hingga sebesar Rp700.000.000 yang digunakan untuk modal kerja dan pembelian aset untuk usaha dan gudang.

Kerupuk kulit hasil produksinya sudah terdistribusi ke banyak daerah di Provinsi Aceh, maupun diluar wilayah Aceh. Untuk melakukan ini, Pak Bustami butuh kerja keras yang mana permintaan yang terus meningkat, sehingga memerlukan modal yang cukup besar.

Dari keuntungan ini, Pak Bustami selalu menyisihkan sebagian untuk menambah modal dan dia juga tetap menjaga kwalitas rasa produknya serta tetap mempertahankan.

Meskipun harga bahan kadang melonjak, hingga kini Pak Bustami tetap mampu mengangsur angsuran di ULaMM Bireuen. Tambahan modal itu digunakannya untuk membeli beberapa peralatan. Hingga kini Pak bustami bisa membayar cicilan pinjaman secara tepat waktu.

Dari usaha ini, Pak Bustami mampu meningkatkan kesejahteraan keluarganya. Tak ketinggalan, selain istri anak anaknya juga terlibat dalam pengembangan usaha ini.

Usaha ini memiliki Prospek yang sangat bagus, terbukti konsumennya semakin banyak, dan penjualannnya semakin meningkat dan melonjak tinggi di berbagai daerah.

Kiat Sukses yang diterapkan oleh Pak Bustami dalam menjalankan usahanya adalah doa dan usaha. Semoga PNM semakin Jaya dan Sukses selalu.* 

 

Artikel Terkait