Nasional

Nostalgia Sejarah Kelam Bangsa, Depinas SOKSI Gelar Nonton Bareng Film G30S-PKI

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 30/09/2020 18:45 WIB

Para pengurus pusat Depinas yaitu Bendahara Umum Depinas, Minandi Pujaya, Ketua Bidang OKK, Anshari, dan para Wakil Sekjen, Dondy, Tulus Leo, dan Riko.

Jakarta, INDONEWS.ID - Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Depinas SOKSI), menggelar nonton bareng film G30S-PKI untuk mengenang peristiwa kelam Gerakan 30 September (G30S/PKI) yang jatuh pada hari ini 30 September 2020. 

Acara nonton bareng (nobar) yang dilakukan secara virtual pada Rabu (30/09/2020) itu dihadiri oleh perwakilan seluruh Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) SOKSI di seluruh daerah.

Ketua Depinas SOKSI, Ali Wongso Sinaga dalam sambutannya mengatakan acara nonton bareng (nobar) film G30S-PKI ini diselenggarakan dalam rangka bernostalgia betapa tragisnya sejarah kelam bangsa Indonesia ketika Partai Komunis Indonesia (PKI) melakukan pembantaian terhadap 6 Jenderal dan 1 Perwira TNI AD.

Selain itu, tambah Ali, acara ini juga merupakan refleksi dari pelajaran penting untuk melindungi Pancasila sebagai dasar negara untuk tidak disimpangi oleh ajaran komunisme.

“Sebagai Pengawal dan Pengaman Pancasila, SOKSI harus siap berhadapan kapanpun dengan kekuatan manapun atas nama ideologi apapun atau paham apapun yang bertentangan dan merongrong atau mengancam Pancasila. Salah satu untuk mewujudkan hal tersebut adalah dalam bentuk nonton bareng film G30SPKI ini,"ungkap Ali Wongso seperti dikutip Indonews.id, Rabu (30/9/20).

Sebagai Organisasi Masyarakat yang diamanatkan oleh Undang-Undang, SOKSI juga turut ikut berpartisipasi dalam pembangunan negara demi tercapainya tujuan NKRI terutama dalam aspek kepentingan negara.

Ketua Penyelenggara Acara Nonton Bareng, Arvi Jatmiko mengatakan Nonton Bareng ini bertujuan agar generasi muda tidak melupakan peristiwa tragis yang menjadi lonceng penting bahwa keberadaan PKI adalah ancaman bagi bangsa Indonesia.

“Acara Nonton Bareng Film Penumpasan Pengkhianatan G30S-PKI ini bertujuan untuk meningkatkan generasi muda agar jangan sekali kali melupakan sejarah kelam atas kekejaman faham komunis di Indonesia,” kata Arvi Jatmiko.

Selain dihadiri oleh Depidar dari seluruh Provinsi di Indonesia, acara ini juga dihadiri oleh pengurus pusat Depinas yaitu Bendahara Umum Depinas, Minandi Pujaya, Ketua Bidang OKK, Anshari, dan para Wakil Sekjen, Dondy, Tulus Leo, dan Riko.*(Rikardo).

Artikel Terkait