Daerah

Doni Monardo Resmikan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor Papua

Oleh : Mancik - Jum'at, 09/10/2020 07:34 WIB

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional Doni Monardo meresmikan sekaligus meninjau langsung Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua.(Foto:Dokumen BNPB)

Papua, INDONEWS.ID - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional Doni Monardo meresmikan sekaligus meninjau langsung Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua. Peresmian tersebut dilakukan secara simbolis dengan didahului penandatanganan prasasti peresmian Rumah Sakit Rujukan Covid-19.

Dalam sambutannya, Doni yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berharap, dengan adanya rumah sakit rujukan tersebut, maka kemudian dapat menjadi strategi baru dan mendorong upaya penanganan Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor.

"Melalui peresmian rumah sakit rujukan Covid-19 ini, diharapkan dapat menjadi strategi baru dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19,” kata Doni saat meresmikan rumah sakit tersebut, Kamis,(8/10/2020)

Pada kesempatan tersebut, Doni mengajak pemerintah daerah Kabupaten Numfor untuk kembali menekankankan pentingnya edukasi protokol kesehatan kepada masyarakat, sebagai upaya pencegahan penularan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Sebab, dalam penanganan Covid-19 tidak bisa hanya mengandalkan pendekatan medis saja, lebih dari itu peran masyarakat sebagai garda terdepan menjadi bagian paling penting dan utama dalam upaya pencegahan.

"Mari kembali mengajak masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan, karena penanganan Covid-19 tidak hanya cukup dengan pendekatan medis saja tetapi peran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan menjadi hal yang sangat penting,” tambah Doni.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap mengapresiasi perhatian pemerintah pusat melalui BNPB, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam mendukung kebutuhan fasilitas kesehatan guna memaksimalkan upaya penanganan Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan Presiden Republik Indonesia melalui amanahnya kepada BNPB, Kementerian Kesehatan serta Kementerian PUPR dalam menyelesaikan pembangunan Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor,” jelas Herry.

Adapun menurut Herry, pengoperasian rumah sakit rujukan tersebut nantinya tidak hanya menampung pasien dari Kabupaten Biak Numfor saja tetapi juga menerima pasien yang ada di wilayah Provinsi Papua.

"Rumah sakit ini dapat menanggung 50 pasien dengan 40 pasien dengan fasilitas karantina dan 10 pasien dengan fasilitas Intensive Care Unit (ICU) serta kita tidak hanya menerima pasien dari Kabupaten Biak Numfor saja, tetapi juga terbuka untuk pasien Provinsi Papua,” tutur Herry.

Dengan dukungan pemerintah pusat tersebut, Pemerintah Kabupaten Biak Numfor beserta jajaran akan terus meningkatkan sinergitas dengan tokoh masyarakat serta tokoh adat dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam melawan pandemi Covid-19.

"Walaupun kasus Covid-19 kian meningkat, namun angka kesembuhan di Kabupaten Biak Numfor juga semakin meningkat dan kami selalu meningkatkan sinergitas bersama para tokoh masyarakat dan tokoh adat dalam memberikan pemahaman penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat sebagai senjata utama kita dalam melawan Covid-19,” tutup Herry.

Selain peresmian rumah sakit rujukan, kehadiran Satgas Penanganan Covid-19 dan BNPB juga sekaligus guna memberikan dukungan lain kepada Pemerintah Kabupaten Biak Numfor untuk penanganan Covid-19 berupa tiga unit ventilator, 100 unit hospital bed, 5.000 unit face shield, 15.000 Alat Pelindung Diri (APD) 10.000 masker N95, dan 200.000 masker kain.*

Artikel Terkait