Nasional

23 Oktober Esok, 10 Designer Muslim Indonesia Siap Tampil di Mercedes-Benz FW Russia 2020

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 22/10/2020 18:15 WIB

Adapun para fashion designer anggota IKRA Indonesia yang akan mempersembahkan koleksinya dalam Virtual Fashion Show tersebut adalah: Vivi Zubedi, Wignyo X rorokenes, Agung Bali Collection X Bahalap, Adhy|Alle, Roemah Kebaya Vielga, Thiffa Qaisty, IR & IR, Ina Priyono, Defika Hanum x PALA Nusantara Anggia x Beadstown.

Jakarta, INDONEWS.ID - Sebanyak 10 fashion designer muslim anggota Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA Indonesia) siap menampilkan karyanya berupa koleksi modest wear dalam ajang fesyen skala global: Virtual Fashion Show Mercedes-Benz Fashion Week Russia pada tanggal 23 Oktober 2020 esok.

Acara ini sendiri didorong oleh Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2020 yang berupaya mendorong pengembangan ekosistem halal value chain dimana fesyen muslim merupakan salah satu sektor prioritas di dalamnya.

ISEF Sektor Fashion yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Indonesian Fashion Chamber dan Indonesia Halal Lifestyle Centre (IHLC) dengan bangga mendukung para fashion designer anggota Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA Indonesia) untuk menampilkan karya mereka hingga skala global.

Adapun para fashion designer anggota IKRA Indonesia yang akan mempersembahkan koleksinya dalam Virtual Fashion Show tersebut adalah: Vivi Zubedi, Wignyo X rorokenes, Agung Bali Collection X Bahalap, Adhy|Alle, Roemah Kebaya Vielga, Thiffa Qaisty, IR & IR, Ina Priyono, Defika Hanum x PALA Nusantara Anggia x Beadstown.

Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, Muhammad Anwar Bashori mengatakan Bank Indonesia secara konsisten mendukung fashion muslim Indonesia yang merupakan komoditi potensial untuk pasar internasional.

Dalam mencapai tujuan itu, Bank Indonesia, tambah Anwar, pihaknya bersinergi dengan Indonesia Fashion Chamber (IFC), Indonesia Halal Lifestyle Centre (IHLC) serta Industri Kreatif Syariah Indonesia (IKRA Indonesia) menyelenggarakan serangkaian kegiatan modest Fashion show sejak 2019 lalu.

"Ini merupakan kesempatan bagi fashion muslim Indonesia untuk bersaing di kancah internasional, didukung oleh 10 fashion designer dan 4 brand aksesoris dari anggota Industri Kreatif Syariah Indonesia. Dengan konsep yang ditawarkan, tentunya memberikan kesempatan bagi pelaku usaha untuk bersaing dan menembus pasar global," ungkap Anwar dalam konpers keikutsertaan Fashion designer Muslim Indonesia pada virtual Fashion Show mercedes-benz Fashion Week 2020 secara daring, Kamis (22/10/20).

Meski pergelaran kali berbeda dari tahun sebelumnya dimana kegiatan fashion show berpusat di Jakarta, namun Anwar mengakui, dengan dilakukan secara full virtual justru mampu memperluas jangkauan fashion show muslim hingga ke pelosok domestik dan internasional secara efisien dan efektif.

"Untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia merupakan tantangan besar bagi kita namun dengan niat yang lurus dan sinergi dengan seluruh stakeholder Insyaallah perjuangan kita akan sampai pada titik yang kita harapkan. Mari kita bersama-sama berpartisipasi aktif dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia khususnya," tutup Anwar.

Sementara itu, National Chairman Indonesian Fashion Chamber, Ali Charisma mengatakan event Virtual Fashion Show Mercedes-Benz Fashion Week Russia yang dilaksanakan besok ini merupakan sebuah kesempatan besar bagi asosiasi untuk bisa mendukung UKM dan desainer-desainer Indonesia yang tergabung di member IKRA Indonesia.

"Jadi kami sangat berharap kepada rekan media untuk membantu menyampaikan bahwasanya Indonesia saat ini sangat terbuka kepada dunia untuk bekerjasama, sehingga ke depan diharapkan bisa menyumbang atau meningkatkan ekspor Indonesia dan bisa merebut pasar dalam negeri seperti kita cita-cita kita bersama," ungkap Ali.

Ali mengucapkan selamat kepada 10 perwakilan fashion designer dari anggota IKRA dan 4 brand aksesori yang akan menampilkan karya dan koleksinya dalam ajang virtual fashion show Mercedes-Benz 2020. Ali menambahkan, ini adalah kesempatan yang sangat bagus sekali bisa menunjukkan karya kita ke negara Eropa bahwasanya fashion Indonesia itu seperti ini. Kita harapkan standar Fashion Indonesia kita diterima oleh mereka," kata Ali.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Indonesia Halal Life Centre, Ibu Jetty R Hadi mengucapkan selamat kepada anggota IKRA Indonesia yang berkesempatan tampil dalam acara besok. Indonesia Halal Life Centre, tambahnya, akan selalu mendorong dan menemani serta berusaha mengangkat para UKM di Indonesia untuk maju dan memberukan kontribusi terhadap kemajuan Indonesia.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada rekan-rekan IKRA yang pada kesempatan ini sedang mendapat kesempatan yang luar biasa untuk tampil dalam acara besok. Saya percaya memang selalu memberikan rezeki dari pintu pintu yang tidak terduga antara kita antara kita selesai mengoperasi dari seluruh Indonesia yang tergabung di Iqra ada kesempatan untuk melakukan fashion show di Rusia," ungkap Tila, sapaan akrabnya.

Tila berkeyakinan, jika kita punya niat baik, usaha yang optimal serta keinginan untuk berkolaborasi dengan berbagai sektor, maka pasti dibuka jalan untuk maju.

"Insya Allah kita bisa mencapai apa yang kita inginkan yaitu Indonesia sebagai motor penggerak ekonomi Islam dunia dan memberikan kontribusi nyata untuk perekonomian nasional serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Indonesia dan juga masyarakat dunia islam," pungkas Tila.*(Rikard Djegadut).

Artikel Terkait