Nasional

Kerendahan Hati Presiden Jokowi Bikin Rizal Ramli Lemes...

Oleh : very - Senin, 26/10/2020 19:14 WIB

Presiden Jokowi bersama Rizal Ramli. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Ekonom senior Rizal Ramli mengaku luluh dengan kerendahan hati Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga mau menjadi Menteri Koordinator Kemaritiman. Padahal, sebelumnya Rizal Ramli mengaku telah menolak tawaran tersebut berulang kali.

Kisahnya berawal dari permintaan Presiden Jokowi agar Rizal Ramli menjadi Menteri Koordinator Perekonomian. Namun, permintaan tersebut, kata Rizal Ramli, ditolak oleh Wapres Jusuf Kalla di waktu itu.

“Waktu Jokowi jadi Presiden, dia minta saya jadi Menko Perekonomian, (namun) Pak JK enggak setuju,” ujar Rizal Ramli seperti dikutip dari Karni Ilyas Club dalam saluran Youtube-nya, Sabtu (24/10/2020).

Sampai pada suatu hari - setahun kemudian - Rizal Ramli mengaku dipanggil Presiden Jokowi ke Istana Bogor. Ketika itu, Jokowi sampai bilang di Istana tak ada kopi, makanan, lantaran sudah menyuruh banyak pembantunya untuk keluar membeli segala keperluan. Hal itu agar kedatangan Rizal Ramli tak bocor ke publik.

Waktu itu Presiden Jokowi bilang agar Rizal Ramli mau membantunya sebagai Menko Maritim. Ketika itu, Rizal menolak, dan bilang terima kasih.

“Itu bukan bidang keunggulan saya. Saya ada daftar nama nih buat ini. Enggak-enggak, saya maunya Mas Rizal, karena Mas Rizal orangnya berani, yang kedua, ngerti masalah. Kalau cuma modal berani saja, ya preman. Kalau ngerti masalah tak ada keberanian, enggak ada perubahan. Jadi saya mau Mas Rizal,” ujar Presiden Jokowi.

Berkali-kali Rizal menolaknya. Dia bilang kepada Jokowi, silakan menghubunginya kembali jika ada masalah apapun, dia akan siap membantunya.

Akhirnya Jokowi dengan gaya khas Jawa menunjukkan kerendahan hatinya pada Rizal.

“Mas Rizal, yang minta tolong sebenarnya bukan saya, tapi yang minta tolong rakyat Indonesia yang kepingin hidupnya lebih baik. Mendengar itu saya lemes. Akhirnya saya bilang saya ambil hikmahnya, tapi dengan satu permintaan, enggak lapor-lapor ke Pak JK. Dan dikabulkan,” ujar Rizal Ramli. (Very)

 

Loading...

Artikel Terkait