Bisnis

Wapres Berharap Indonesia Jadi Produsen Industri Halal Dunia

Oleh : very - Selasa, 17/11/2020 22:10 WIB

Maruf Amin, Wakil Presiden RI. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Ekonomi merupakan salah satu acuan penting yang fokus memberikan informasi dan analisis terkini dalam pengembangan ekonomi Islam global. Antar negara dapat mengetahui posisi saat ini, potensi yang dimiliki, serta kebutuhan yang diperlukan untuk pengembangan ekonomi dan keuangan Syariah.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin dalam acara Launching Ceremony The Of State of Global Islamic Economy (SGIE) di Hotel Raffles, Jakarta (17/11/2020).

Ma`ruf Amin menjelaskan bahwa peran ekonomi Islam di Indonesia menunjukkan kemajuan yang pesat. Hal ini disebabkan karena konsumsi produk halal dan peranan inovasi di bidang ekonomi Islam dari sektor makanan, pariwisata, fashion, kosmetik dan farmasi serta media rekreasi.

Wapres Ma`aruf Amin menegaskan bahwa Indonesia telah membuat kebijakan yang menumbuhkan ekosistem yang dibutuhkan untuk memberikan peluang bagi tumbuhnya ekonomi islam. Hal tersebut dengan disertai berbagai insentif yang mempermudah dunia industri dan investasi di Indonesia di bidang infrastruktur, produk dan jasa halal.

"Kenaikan peringkat ini harus dimaknai dengan tetap melanjutkan dan memperkokoh ekosistem ekonomi islam Indonesia. Sehingga dapat menjadikan Indonesia sebagai produsen halal dunia dan penggerak ekonomi nasional," ujar Ma`aruf Amin.

Mar’uf Amin membeberkan bahwa capaian ini tidak terlepas dari kerja keras bersama seluruh pemangku kepentingan ekonomi dan keuangan Syariah di Indonesia yang mendapatkan dukungan dan komitmen dari pemimpin tertinggi di Indonesia.

Saat ini, kata Mar’uf Amin, pengembangan ekonomi dan keuangan Syariah di Indonesia fokus pada empat hal, yaitu pengembangan industri produk halal, pengembangan industri keuangan Syariah, optimalisasi dana sosial Syariah, penumbuhan dan peningkatan kapasitas pelaku usaha bisnis Syariah termasuk skala UMKM.

"Diperkirakan beberapa sektor ekonomi islam akan mengalami pemulihan kembali di akhir tahun 2021 bahkan mungkin lebih cepat.  Capaian ini diharapkan menjadi penyemangat bagi seluruh pemangku kepentingan dalam merealisasikan program pengembangan ekonomi dan keuangan Syariah di Indonesia," kata Wapres Maruf Amin.

Selain itu Wapres mengajak para pemimpin negara-negara anggota OKI untuk saling menguatkan kerjasama dalam memulihkan kembali ekonomi dunia dan membangun ekonomi dan keuangan Syariah untuk kemajuan bersama. (Andreno Pratama)

Loading...

Artikel Terkait