Nasional

Akbar Faisal "Uncensored": Gus Dur Pernah Persiapkan Rizal Ramli Jadi Cawapres

Oleh : very - Rabu, 18/11/2020 10:45 WIB

Tokoh pergerakan Rizal Ramli bersama mantan anggota DPR, Akbar Faisal sebelum acara wawancara Akbar Faizal Uncensored, Senin (16/11/2020). (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Presiden ke-3 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur disebut-sebut pernah berencana mempersiapkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi presiden untuk dipasangkan dengan wakil presiden Rizal Ramli.

Ekonom senior Rizal Ramli yang lebih suka dipanggil tokoh pergerakan itu menceritakan bahwa setelah Gus Dur menjadi Kepala Negara sekitar tiga bulan, dia meminta Rizal untuk membantu SBY mempersiapkan diri menjadi penerusnya atau sebagai Presiden ke-4 RI.

“Rizal, (kata Gus Dur, red.), saya maunya presiden hanya lima tahun. Abis ini saya mau SBY Presiden, kamu Wakilnya. Tugas kamu untuk memperkenalkan SBY di dunia internasional,” kata Rizal dikutip dari YouTube Akbar Faisal Uncensored, Senin (16/11/2020).

Rizal mengatakan, maksud Gus Dur memintanya memperkenalkan SBY di dunia internasional karena sebagai tokoh nasional SBY belum banyak dikenal di luar negeri sehingga hal itu menjadi penting dalam penyiapan menjadi calon presiden.

Namun hal tersebut terjadi di luar dugaan. Kisah pun berlanjut ketika SBY menjadi Presiden ke-6 RI, Rizal mengaku langsung dipanggil SBY untuk bertemu di Cikeas, Bogor.

“Mas Rizal, Saya [SBY] minta Mas Rizal mau menjadi Menko Perekonomian saya,” ungkap Rizal seperti dikutip kabar24.bisnis.com.

Namun, menjelang pelantikan, kata Rizal, Jusuf Kalla (JK) yang saat itu menjadi Wakil Presiden menghadap SBY dan meminta agar Aburizal Bakrie yang menjadi Menko Perekonomian, dan bukan Rizal Ramli.

JK beralasan, Aburizal Bakrie berperan penting dalam kampanye SBY-JK saat pemilu presiden.

Hingga akhirnya, pada periode pertama pemerintahan SBY-JK, Rizal tidak masuk dalam Kabinet Indonesia Bersatu. (Very)

 

Loading...

Artikel Terkait