Nasional

Aplikasi AI Math-Solver QANDA Luncurkan QANDA Live Class di Indonesia

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 05/12/2020 06:30 WIB

QANDA Live Class in Indonesia offers real-time interactions with top-rated teachers in the country.

Jakarta, INDONEWS.ID - Usaha rintisan edtech (teknologi pendidikan) asal Seoul Mathpresso meluncurkan QANDA Live Class di Indonesia hari ini Jum`at (4/12).

QANDA Live Class ialah fitur in-app yang menyediakan kelas-kelas live-streaming dari guru-guru terkemuka di negara tersebut.

QANDA Live Class adalah fitur baru pada "QANDA", aplikasi seluler yang membantu para pelajar dari seluruh level untuk menerima solusi instan, dan dukungan langsung (1-on-1) dari beberapa tutor di universitas ternama di dunia.

Pengguna dapat memfoto soal-soal matematika, mengunduhnya ke aplikasi, lalu pemindaian karakter optik yang berbasiskan AI akan menyelesaikannya dalam lima detik.

Dapat diakses melalui aplikasi QANDA. QANDA Live Class membantu para pengguna untuk bertanya secara seketika melalui fitur komentar, dan segera memperoleh jawaban dari asisten guru. Para guru terdiri atas instruktur kenamaan dari universitas teknik terbaik di Indonesia, serta edukator YouTube yang telah ditonton dua juta kali.

Demi menyediakan akses pendidikan kepada lebih banyak pelajar di seluruh negeri, QANDA Live Class bermitra dengan Mathpresso guna mengadakan kelas-kelas bermutu lewat platform seluler. 

Dikembangkan oleh Mathpresso, usaha rintisan edtech terkemuka asal Korea, QANDA diluncurkan di Indonesia pada Agustus 2019, serta menempati posisi No. 1 di Google Playstore pada November ini, mengungguli Ruangguru dan Zenius. Jumlah pengguna QANDA di Indonesia kini 70 kali lipat lebih tinggi ketimbang tahun lalu.

Lebih dari lima juta pertanyaan telah diajukan dan dicari lewat QANDA setiap hari. Sejak pertama kali diluncurkan pada 2016, QANDA telah menyelesaikan lebih dari 1,1 miliar soal matematika yang dikirimkan para pelajar di lebih dari 50 negara.

Dengan pertumbuhan traffic yang baik dan jangkauannya di kalangan pelajar Indonesia, Mathpresso meluncurkan QANDA Live Class dalam versi Indonesia dan Thailand pada tahap awal.

Saat ini, kelas terpopuler adalah "Top 10 Most Asked Questions by Indonesian Students through QANDA", memiliki tingkat respons yang jauh lebih tinggi untuk pertanyaan yang dikumpulkan pada platform tersebut.

"Di tengah penyebaran Covid-19 yang belum berakhir, kita kini memasuki era baru untuk kelas-kelas live-streaming, baik bagi pendidikan publik dan swasta," ujar Joyce Choi, Global

Director Mathpresso mengatakan keunggulan QANDA Live Class adalah interaksi seketika (real-time) dengan para guru. Kami akan menciptakan beragam peluang untuk komersialisasi dengan menghubungkan mereka pada platform QANDA.

QANDA dapat diunduh di https://bit.ly/3nO6xhp. Informasi lebih lanjut tentang Mathpresso dapat ditemukan di www.mathpresso.com/en.

Dengan misi untuk menyediakan pendidikan yang paling efektif untuk semua orang, Mathpresso mengembangkan platform belajar yang terkemuka di dunia, QANDA, aplikasi AI math-solver.

Aplikasi ini membantu pelajar dari seluruh level untuk memperoleh jawaban instan dan sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing, tanpa biaya atau dengan biaya minimal. Mathpresso meraih sejumlah pengakuan atas kemajuan teknologinya.

Mathpresso terpilih dalam daftar "30 Under 30 Asia 2020" versi Forbes, menjadi utusan nasional dalam ajang "Google AI for Social Good APAC" pada 2018, serta tamu undangan di ajang "AWS Public Sector Summit ASEAN" pada 2019.

Sejak 2015, Mathpresso telah meraih pendanaan senilai $55 juta dari sejumlah investor termasuk Legend Capital, SoftBank Ventures Asia, dan Samsung Ventures. Berkantor pusat di Seoul, Mathpresso juga memiliki kantor di Tokyo dan Hanoi.

Sementara QANDA, gabungan dari "Q and A", adalah aplikasi seluler yang membantu pelajar dari seluruh level untuk memperoleh jawaban instan dan sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing, tanpa biaya atau dengan biaya minimal.

QANDA mengenali teks dan rumus matematika lewat sebuah foto lewat teknologi optical character recognition (OCR). Didukung oleh lebih dari 1,1 miliar data solusi dan mesin pencari informasi (search engine) buatan sendiri, QANDA menyediakan berbagai solusi atas pertanyaan pelajar dengan akurasi yang tinggi.

QANDA menyajikan pendidikan bermutu bagi semua orang kapan pun dan di mana pun, serta memberikan akses terhadap tutor berkualifikasi yang berasal dari sejumlah universitas ternama di dunia.

QANDA memiliki lebih dari 5,7 juta pengguna aktif bulanan di 50 lebih negara. Aplikasi tersebut saat ini tersedia dalam tujuh bahasa—Korea, Inggris, Spanyol, Jepang, Vietnam, Indonesia, dan Thailand.*

Loading...

Artikel Terkait