Daerah

Pasangan Eka Richi menang pada Pilkada Tanahdatar

Oleh : luska - Kamis, 10/12/2020 11:42 WIB

Pasangan Eka Richi menang pada Pilkada Tanahdatar

Tanahdatar, INDONEWS.ID --- Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tanahdatar Eka Putra-Richi Aprian memenangkan pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Tanahdatar dalam pemilihan Kepala Daerah yang dilaksanakan rabu kemaren (9/12).


Keberhasilan itu dideklarasikan langsung oleh Eka Richi didampingi istrinya setelah melihat hasil penghitungan suara yang dilakukan dari tiga calon lainnya oleh Zuldafri -Sultani, Betti Sadiq - Edityawarman dan John Enardi – Syafruddin dimalana Batusangkar.


Dari penghitungan perolehan suara pilkada Tanah Datar, pasangan calon bupati dan wakil bupati Eka Putra Richi Aprian (Era Baru) unggul dari tiga pasang calon lainnya, karena perolehan suara nomor urut tiga itu cukup signifikan dan unggul di delapan ke amatan dari 14 kecamatan yang ada di Tanah Datar.


Kecamatan yang berhasil dimenangkan Eka Richi yaitu Lintau Buo, Lintau Buo Utara, Padang Ganting, Tanjung Emas, Sungayang, Sungai Tarab, Rambatan dan Salimpauang. Sementara enam kecamatan lainnya dimenangkan oleh Zuldafri -Sultani yaitu Lima Kaum, Pariangan, Tanjung Baru dan Batipuh Selatan.


Sedangkan Betti Sadiq - Edityawarman nomor urut 4 unggul di dua kecamatan, masing Masing Kecamatan Batipuh dan X Koto dan merupakan basis Editiyawarman dan Betti Sadiq kalah di basisnya dan dimenangkan oleh Eka Richi dan pasangan. John Enardi - Syafruddin nomor urut dua, tidak satupun unggul di 14 kecamatan tersebut.


Kemudian perolehan suara sementara paslon tersebut masing masing Zuldafri Darma dan Sultani urutan pertama meraih 41.904 suara, nomor urut dua Jhon Enardi dan Syafruddin sebanyak 8.602 suara, Eka Richi urutan nomor tiga berhasil meraih 65.300 suara dan Betty Shadiq/Editiyawarman nomor urut 4 memperoleh 37.969 suara. Dengan Partisipasi pemilih pada pilkada 2020 ini hanya sebesar 53 persen pemilih dari 260 ribu lebih pemilih di Tanah Datar (M.Datuk)

TAGS : Tanahdatar

Artikel Terkait