Pojok Istana

Jokowi : Yaksin Covid-19 Gratis Untuk Seluruh Masyarakat Indonesia

Oleh : Ronald - Rabu, 16/12/2020 17:30 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto:Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tegaskan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat Indonesia akan diberikan secara gratis. Hal itu, menurutnya, setelah menerima masukan dari kalangan masyarakat dan kalkulasi keuangan negara.

"Setelah melakukan kalkulasi ulang, perhitungan yang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan vaksin COVID-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali," ujar Jokowi dalam keterangan melalui video, Rabu (16/12). 

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga memerintahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani, jajaran kabinet, kementerian lembaga, dan pemerintah daerah untuk memprioritaskan program vaksinasi di tahun anggaran 2021.

"Saya juga menginstruksikan dan memerintahkan Menkeu untuk memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain dari ketersediaan vaksinasi gratis ini," ujar Jokowi. "Sehingga tak ada alasan bagi masyarakat tak mendapatkan vaksin," tegasnya.

Meskipun ada vaksin, Jokowi tetap meminta masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Terakhir, saya ingatkan agar masyarakat terus berdisiplin menjalankan 3M, menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan untuk kebaikan kita semuanya," ucap Jokowi.

Sementara itu, data terakhir pada 15 Desember 2020 menyebutkan adanya tambahan 6.120 kasus harian positif COVID-19 di Indonesia dengan angka total 629.429.

Sebelumnya, ada sebanyak 1.2 juta dosis vaksin Sinovac asal China sudah tiba di Indonesia, Minggu (6/12/2020) lalu. Vaksin sebanyak 1.2 juta dosis tersebut, merupakan vaksin siap pakai dan telah dikirimkan ke Bio Farma untuk disimpan. (rnl)

Loading...

Artikel Terkait