Nasional

Forum Santri Indonesia Dukung Pencalonan Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit

Oleh : very - Selasa, 19/01/2021 10:40 WIB

Calon Kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Ant)

 

Jakarta, INDONEWS.ID -- Dewan Pimpinan Pusat Forum Komunikasi Santri Indonesia (DPP FOKSI) Muhammad Natsir Sahib mendukung Surat Presiden kepada DPR RI yang mengusulkan nama Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Aziz yang akan segera pensiun.

Menurut Natsir, Komjen Listyo Sigit Prabowo selama ini memiliki rekam jejak dan prestasi yang baik, serta dapat menjalankan setiap tanggung jawabnya dengan profesional dan memuaskan. Pernyataan ini disampaikannya dalam siaran pers pada Senin (18/1/2021).

Natsir menilai penetapan Listyo Sigit sebagai calon tunggal Kapolri sudah melalui proses seleksi yang ketat dan menggunakan berbagai aspek penilaian, antara lain terkait kapasitas, profesionalitas, rekam jejak, integritas, dan lainnya.

"Sejauh kami melihat rekam jejak Komjen Listyo Sigit, beliau memiliki karakter yang low profile, ramah, dapat berkomunikasi baik dengan semua kelompok dan golongan, serta bertanggung jawab menjalankan setiap tugas yang diemban," jelas Natsir.

Natsir menceritakan pengalaman yang dirasakan beberapa Kyai sepuh dan ulama sewaktu Komjen Listyo Sigit Prabowo masih menjabat sebagai Kapolda Banten. 

"Saya mendengar cerita beberapa Kyai sepuh dan ulama dari beberapa Pesantren di Banten. Saat beliau menjabat sebagai Kapolda Banten, Pak Sigit sangat perhatian terhadap Pesantren dan Kyai-Kyai di Banten. Bahkan beliau memberikan nomor kontak pribadi kepada para Kyai serta dekat dan selalu merespon komunikasi dari para Kyai," katanya.

Natsir menambahkan, Komjen Listyo Sigit Prabowo memiliki komitmen yang tinggi terhadap penegakan hukum. Di masa kepemimpinan beliau sebagai Kabareskrim, banyak kasus Narkoba yang berhasil dibongkar. Beliau juga berhasil menangkap penjahat kelas kakap Djoko Chandra yang sudah lama sekali menjadi buron.

"Saya melihat kapasitas Komjen Listyo Sigit sangat layak memimpin Kepolisian Republik Indonesia. Jika ada penolakan dari oknum atau kelompok tertentu, masyarakat tetap tenang dan jangan terprovokasi. Kami yakin itu hanya klaim saja. Karena bisa dilihat, ormas-ormas besar mendukung proses pencalonan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri ke depan," pungkas Natsir. (Very)

Loading...

Artikel Terkait