Nasional

Hubungan AS-China Diperkirakan Tetap Memanas, Apa Alasannya?

Oleh : very - Jum'at, 22/01/2021 09:55 WIB

Hikmahanto Juwana, Guru Besar Hukum Internasional UI dan Rektor Univeristas Jenderal Achmad Yani. (Foto: Kompas.com)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Pergantian kepemimpin di AS dari Donald Trump ke Joe Biden disambut baik oleh China. Jubir Kementerian Luar Negeri China mengungkapkan optimisme ini dengan mengatakan "malaikat baik hati dapat menang atas kekuatan jahat."

Namun, bagaimanakah hubungan antara AS dan China di bawah kepemimpinan Joe Biden? Apakah membaik ataukah akan tetap memanas?

Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana mengatakan, optimisme China tersebut bisa jadi tidak terwujud. “Hubungan AS-China akan tetap memanas di era Joe Biden,” ujar Rektor Universitas Jenderal A. Yani itu.

Setidaknya, katanya, ada tiga alasan utama dari memanasnya hubungan tersebut.

Pertama, dalam acara angkat sumpah Joe Biden sebagai Presiden, perwakilan dari Taiwan diundang hadir.

“Padahal pemerintah China berupaya agar dunia hanya mengakui satu China yaitu People`s Republic of China. Pemerintahan di Taiwan yang menamakan diri sebagai Republic of China dalam perspektif pemerintah China merupakan bagian darinya,” ujarnya.

Karena itu, kata Hikmahanto, undangan kepada perwakilan Taiwan untuk menghadiri inaugurasi Joe Biden bisa dianggap sebagai tindakan tidak bersahabat Biden terhadap China.

Kedua, meski terjadi perubahan kepemimpinan di AS namun para birokrat AS tetap menjabat. Para pejabat inilah yang akan memastikan kebijakan terhadap China pada masa Trump akan tetap dilanjutkan di masa Biden.

Terakhir, banyak negara-negara sekutu AS menghendaki adanya perimbangan kekuatan (balance of power) dalam bentuk rivalitas AS-China daripada kemesraan kedua negara.

“Hanya saja dalam era pemerintahan Biden, berbeda dengan Trump yang berasal dari Partai Republik, rivalitas ini akan lebih lunak (soft) sesuai gaya kepemimpinan Presiden asal Partai Demokrat,” pungkasnya. (Very)

Artikel Terkait