Pojok Istana

Bank Syariah Terbesar RI Rampung Februari Tahun Ini

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 25/01/2021 11:59 WIB

Presiden Jokowi (Foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menargetkan pembangunan Bank syariah terbesar RI rampung Februari tahun 2021 ini. Jokowi mengatakan Bank syariah ini sebagai upaya pemerintah untuk memperkuat industri keuangan syariah.

"Kita memperkuat industri keuangan syariah dengan membangun bank syariah terbesar di Indonesia. Kita sudah targetkan nanti insyaallah di Februari ini sudah diselesaikan," kata Jokowi, Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) dan Brand Ekonomi Syariah yang disiarkan lewat YouTube Sekretariat Presiden, Senin (25/1/2021).

Jokowi menjelaskan, ekonomi syariah memiliki potensi yang besar. Ekonomi syariah tidak hanya dikembangkan oleh negara yang mayoritas penduduknya muslim.

Lebih lanjut, Jokowi ingin agar Indonesia menjadi rujukan ekonomi syariah global. Namun, ada sejumlah pekerjaan rumah yang mesti dikerjakan.

"Ekonomi syariah masih memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan. Pengembangan ekonomi syariah tidak hanya dijalankan oleh negara dengan mayoritas penduduk muslim tetapi juga negara lain seperti Jepang, Thailand, Inggris dan Amerika Serikat juga mengembangkannya," katanya.

"Kita harus mempersiapkan diri sebagai pusat rujukan ekonomi syariah global. Kita masih punya sejumlah pekerjaan rumah," ujarnya.

Jokowi menyebut, indeks literasi ekonomi syariah Indonesia masih rendah yakni 16,2%. Menurutnya, masih banyak ruang untuk meningkatkan pemahaman masyarakat.

"Kita juga harus terus menata rantai nilai halal pada sektor riil yang mendukung UMKM termasuk mendukung pengembangan ekonomi kreatif," ujarnya.*

Artikel Terkait