Nasional

DPR Dukung Pembentukan Holding Ultra Mikro PNM-Pegadaian-BRI

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 06/02/2021 11:45 WIB

Gedung DPR RI (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Dewan Perwakilan Rakyat RI menyambut baik rencana pembentukan holding BUMN untuk pembiayaan Ultra Mikro (UMi). Sebab bantuan permodalan dengan biaya murah menjadi hal yang penting bagi pelaku usaha UMi dan UMKM.

Sebagaimana diketahui pemerintah melalui Kementerian BUMN berencana membentuk holding ultra mikro dengan menggabungkan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk., PT Permodalan Nasional Madani (Persero), dan PT Pegadaian (Persero).

Pembentukan holding dengan melibatkan tiga perusahaan pembiayaan pelat merah ini diyakini membuat efisiensi tercipta dalam hal pemberdayaan UMi dan UMKM.

“Dengan adanya holding BUMN yang akan dibentuk tahun ini, kami berharap dapat memperluas akses permodalan dengan bunga rendah sehingga para UMKM dapat menjadi ujung tombak perekonomian Indonesia,” ujar Anggota DPR RI Komisi XI Fraksi Gerindra, Kamrussamad dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/2/2021).

Ia menjelaskan pembentukan holding BUMN untuk pembiayaan Ultra Mikro (UMi) dinilai bisa membantu proses pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19. Dampak positif dapat timbul dari potensi terciptanya ekosistem pembiayaan murah melalui kehadiran holding ini.

Bantuan permodalan dengan biaya murah menjadi hal yang penting bagi pelaku usaha UMi dan UMKM.
Apalagi, ada banyak pelaku UMi dan UMKM mulai bangkit setelah pandemi dan membutuhkan pembiayaan lebih agresif dari lembaga keuangan formal.

Menurutnya, sejak pandemi melanda dunia ada banyak sektor usaha di Indonesia yang terdampak negatif, termasuk UMKM. Akan tetapi, tanda-tanda kebangkitan para pelaku usaha sudah muncul terutama di penghujung 2020 lalu.

Kamrussamad mengungkapkan pembentukan holding UMKM untuk pembiayaan UMi dan UMKM akan membuat pelaku usaha mikro dan kecil dapat lebih berdaya untuk bangkit. Bahkan, potensi semakin banyaknya UMKM yang terlayani lembaga keuangan formal terbuka besar dengan hadirnya holding ini.

“Dibentuknya holding BUMN untuk pembiayaan UMi dan UMKM pada tahun ini, saya yakin dapat membantu para pelaku UMKM menjadi lebih terjangkau, terutama yang ultra mikro dari yang sebelumnya unbankable, menjadi bankable, sehingga mereka dapat naik kelas dan berkembang,” ujarnya.*

Loading...

Artikel Terkait