Pojok Istana

Pembangunan Tuntas, Jokowi Resmikan Bendungan Napun Gate di Sikka NTT

Oleh : Ronald - Selasa, 23/02/2021 14:59 WIB

Bendungan Napun Gate di desa Ili Medo, Kecamatan Waiblama, Kabupaten Sikka, NTT. (Foto : Kementerian PUPR)

Jakarta, INDONEWS.ID - Selesai meninjau lumbung pangan (food estate) di Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (23/2), Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga diagendakan untuk langsung bertolak menuju Kabupaten Sikka dengan menempuh perjalanan udara melalui Bandar Udara Tambolaka. Ia rencananya akan tiba di Bandar Udara Frans Seda, Kabupaten Sikka.

Dikutip dari keterangan tertulis Biro Pers Sekretariat Presiden, Bendungan Napun Gete akan menjadi destinasi Jokowi di Kabupaten Sikka. Di sana, Jokowi akan meresmikan sekaligus meninjau bendungan yang telah dibangun sejak tahun 2016.

Bendungan Napun Gete, terletak di desa Ili Medo, Kecamatan Waiblama, Kabupaten Sikka, dengan nilai investasi sekitar Rp 884 miliar. Bendungan ini berkapasitas tampung sebanyak 14 juta meter kubik air.

Pembangunan bendungan di atas lahan pusat kali besar (Napun Gete) seluas 161,61 hektare itu, dimulai pada 2016 dan ditargetkan selesai pada tahun 2020 lalu.

Dilokasi sebelumnya, Jokowi memahami persoalan utama saat ini ialah ketersediaan air. Dia menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk membangun embung. 

Selepas rangkaian acara, Presiden bersama rombongan terbatas akan langsung kembali menuju Jakarta.

Turut serta dalam keberangkatan Presiden menuju Provinsi Nusa Tenggara Timur di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin. (rnl)

 

 

Loading...

Artikel Terkait