Gaya Hidup

Sebelum Membeli, Inilah 7 Perbedaan Iphone 11, Iphone 11 Pro, dan Iphone 11 Pro Max

Oleh : very - Kamis, 01/04/2021 19:45 WIB

iPhone. Sumber: Tribunnews.com

Jakarta, INDONEWS.ID -- Dua tahun lalu, tepatnya di tahun 2019, Apple resmi merilis ketiga seri iPhone. Ketiga seri tersebut adalah iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Meski memiliki nama yang mirip, sebenarnya iPhone 11 dan duo iPhone 11 Pro sedikit berbeda. iPhone 11 merupakan penerus dari iPhone XR. Sedangkan, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max merupakan penerus dari iPhone XS dan iPhone XS Max.

Tiga varian sekaligus jadi andalan lini iPhone terbaru Apple. Sayang, meski Apple menggembor-gemborkan teknologi terbarunya, masih saja ada beberapa fitur hilang, meski sebenarnya hal tersebut dirasa cukup penting.

Seperti masih absennya sensor sidik jari. Di era sekarang, bahkan telah banyak smartphone berharga terjangkau mengusung sensor fingerprint di bawah layar. Soal desain pun agak mengagetkan, karena tetap membawa poni seperti iPhone X series dan tampilan kamera yang cukup aneh di bagian belakang.

Setelah 2 tahun diluncurkan, iPhone 11 ini masih menjadi idaman bagi sebagian orang, mungkin termasuk kamu, dan bahkan bertanya-tanya apa sih perbedaan antara iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max?

Berikut ulasan lengkap mengenai perbandingan antara iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Mulai dari perbedaan layar, chipset, kamera, baterai, warna, penyimpanan hingga aksesoris yang bisa kamu dapatkan saat membelinya:

  1. Layar

Layar adalah bagian paling sering yang akan kamu gunakan di perangkat smartphone atau gadget digital lainnya.

Meski terlihat sama secara kasat mata, namun masing-masing perangkat ini memiliki detail ukuran layar yang berbeda. iPhone 11 memiliki ukuran 6,1 inci, iPhone 11 Pro dengan 5,8 inci, sedangkan iPhone 11 Pro Max sebesar 6,5 inci.

Dilihat dari angka tersebut, cukup mengejutkan ternyata iPhone 11 memiliki layar yang sedikit lebih besar dari versi Pro biasa. Mungkin, hal ini terjadi karena demi kenyamanan pengguna dalam menggenggam perangkat tersebut.

Namun, tetap saja ukuran yang lebih kecil membuatnya kurang puas dalam menjelajah sosial media atau menikmati game online.

Setelah mengetahui detail ukuran masing-masing perangkat, kini beralih ke jenis layar yang digunakan. Pada iPhone 11 menggunakan Liquid Retina IPS, sedangkan untuk iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max menggunakan jenis layar yang sama dan lebih canggih dari iPhone 11, yakni, Super Retina XDR OLED.

Namun sekali lagi, Apple selalu memberi kejutan kepada perangkat smartphone rilisannnya ini. Di saat hampir semua smartphone flagship masa kini mengusung panel layar OLED, iPhone 11 malah membawa panel IPS. Meski begitu, kedua kakaknya mengusung layar yang lebih canggih dengan teknologi Super Retina XDR OLED.

Kemudian resolusi layar ketiga varian iPhone 11 ini juga berbeda. iPhone 11 memiliki resolusi 828 x 1.792 piksel, iPhone 11 Pro dengan resolusi 1.125 x 2.436 piksel, dan iPhone 11 Pro Max dengan resolusi terbesarnya, yaitu 1.242 x 2.688 piksel.

Setelah ketinggalan soal panel layar, lagi-lagi sebuah penurunan tersemat pada iPhone 11, karena ia hanya mengusung resolusi nyaris hanya HD. Sementara versi Pro dan Pro Max memiliki resolusi layar yang lebih jauh lebih tinggi.

Kamu tidak perlu khawatir terhadap penurunan layar pada iPhone 11. Hal ini terjadi karena resolusi yang ditampung lebih kecil ketimbang iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max yang memiliki layar OLED. Layar OLED ini lebih tajam dan mampu mendukung resolusi lebih tinggi.

Secara desain fisik, iPhone 11 serta iPhone 11 Pro maupun iPhone 11 Pro Max pun sedikit berbeda. iPhone 11 memiliki desain yang tampak glassy. Sementara itu, meski iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max juga dilindungi kaca, Apple membuat keduanya tampak lebih mewah dengan finishing matte.

Jika kamu mencari ponsel dengan ukuran layar paling kecil diantara ketiga iPhone 11 series, jawabannya adalah iPhone 11 Pro. Sedangkan jika kamu mencari dengan layar ukuran sedang, silakan pilih iPhone 11. Predikat layar paling besar tentu dipegang oleh iPhone 11 Pro Max dengan ukuran diagonal layar 6,5 inci.

 

  1. Chipset

Bagaimana dengan performa iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max? Untuk ketiga varian iPhone 11 ini, Apple cukup adil dalam pembagiannya. Ia memakai chipset A13 Bionic untuk iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max.

Jika soal layar iPhone 11 dikesampingkan, namun tidak untuk urusan jeroan. iPhone 11 kini setara dengan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max dalam hal performa. Berkat chipset tercanggih itu, Apple memberikan klaim bahwa ini adalah chipset terkencang dan terefisien yang digunakan oleh Apple

Selain soal prosesor, Apple juga memberikan kesetaraan pada iPhone 11 series pada sektor sistem operasi yang dibawanya. Apple memasangkan iOS 13 untuk ketiga varian tersebut. Jadi, bagi kamu yang ingin memiliki seri terendah, tidak perlu khawatir soal fitur modern dan update.

 

  1. Kamera

Trio iPhone 11 series menggunakan kamera berbeda berdasarkan label ‘Pro’ yang digunakan. Untuk iPhone 11, hadir dengan 2 kamera yaitu Ultra Wide dan Wide lens. Di iPhone 11 Pro dan iPhone 11 pro Max, menggunakan kamera Ultra Wide dan Tele lens. Semua kameranya menggunakan resolusi 12MP.

Spesifikasi setiap kameranya sebagai berikut: - Ultra Wide: ƒ/2.4 aperture dan 120 derajat bidang pandang. - Wide: ƒ/1.8 aperture. - ƒ/2.0 aperture. - Dual optical image stabilization (Wide dan Tele). - Night Mode (Wide dan Tele) - Portrait Lighting dengan 6 efek (Natural, Studio, Contour, Stage, Stage Mono, High-Key Mono)

Setelah ‘diangkat’ derajatnya pada sektor chipset dan sistem operasi, iPhone 11 kini seperti ‘dijatuhkan’ kembali di sektor kamera. Sebab, iPhone 11 hanya dibekali kamera ganda dan tidak dibekali lensa zoom atau telephoto di dalamnya.

Sedangkan untuk kamera depan, baik iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max mengusung fitur yang sama. Yaitu 12MP, TrueDepth, Retina Flash, Smart HDR, mode Video hingga slo-mo 120 FPS.

Untuk berfoto selfie, trio iPhone 11 series memiliki kualitas yang sama kuatnya. Bahkan, kini terdapat kemampuan untuk mengambil foto dengan efek bokeh berkat fitur TOF 3D camera yang tersemat di bagian depan.

 

  1. Baterai

Jika dibandingkan secara besaran satuan baterai, dengan smartphone dari berbagai brand lain, memang kapasitas baterai dari trio iPhone 11 series ini terlihat kecil. Namun, jangan salah sangka, besaran satuan baterai Apple berbeda dari brand smartphone lainnya. Trio iPhone 11 series ini memiliki performa yang lebih awet, dan tahan lama terhadap waktu dan pemakaian.

Masing-masing varian iPhone 11 series ini sudah didukung fast charging sebesar 18W. Dengan masing-masing besaran, iPhone 11 sebesar 3.110 mAh, iPhone 11 Pro sebesar 3.190 mAh, dan iPhone 11 Pro Max: 3.500 mAh.

Meski dari semua varian perbedaan besarannya tidak begitu jauh, iPhone 11 Pro Max memiliki keistimewaan tersendiri. Dengan kapasitas 3.500 mAh, iPhone 11 Pro Max jadi salah satu seri iPhone dengan baterai terbesar yang pernah Apple buat. Meski tidak begitu besar, efisiensi sempurna pada prosesor memungkinkan baterainya begitu awet.

 

  1. Warna

Sebelum menentukan smartphone dambaannya, pasti setiap orang akan memperhatikan warna yang dikeluarkan dari produk tersebut. Apakah warna iPhone menjadi pilihan yang penting untuk kamu? Jika iya, bagian ini wajib kamu ketahui.

Perangkat iPhone 11 hadir dengan 6 pilihan warna yaitu Purple, Yellow, Green, Black, White, dan special product Red. Material bodi belakang yang digunakan adalah kaca dan bezel dengan bahan aluminium.

Kemudian untuk iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max, produk ini hadir dengan warna Midnight Green, Silver, Space Gray, serta Gold. Material bodi yang digunakan adalah kaca dengan finishing matte atau doff, bezel dengan bahan stainless steel.

 

  1. Penyimpanan

Bagaimana dengan kapasitas penyimpanan yang digunakan? iPhone 11 hadir dengan 3 pilihan kapasitas penyimpanan yaitu 64GB, 128GB, dan 256GB. Sedangkan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max hadir dengan pilihan penyimpanan 64GB, 256GB, dan 512GB. Yang menarik adalah soal pilihan penyimpanan, di mana Apple masih mengandalkan kapasitas internal memori 64 GB sebagai versi terendah.

 

  1. Aksesoris dalam Paket Penjualan

Ada catatan penting seputar aksesoris dalam paket penjualan yang terdapat di perangkat iPhone 11 series ini. Untuk iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max, sudah dibekali dengan USB-C Power Adapter 18W untuk menggunakan fitur Fast Charging. Kabel data yang diberikan juga berupa USB-C to Lightning.

Sedangkan perangkat iPhone 11 masih mendapatkan USB Power Adapter 5W dan kabel USB to Lightning dalam paket penjualan. Meski begitu, iPhone 11 sebetulnya juga sudah mendukung Fast Charging namun pengguna harus membeli aksesorisnya secara terpisah,

Kalau kamu punya budget yang lebih terbatas, iPhone 11 bisa jadi yang paling pas untuk kamu. Layarnya sudah lumayan besar, meski masih bertipekan LCD. Layar tersebut pun dijamin sudah cukup baik.

Chipset yang digunakan pun sama persis dengan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Konfigurasi dual kamera juga dijamin sudah baik untuk menjepret foto. Sementara itu, jika kamu punya uang berlebih, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max bisa menjadi pilihan.

Speknya sudah sangat tinggi, cukup untuk 5 tahun mendatang. Kameranya juga sudah sangat baik untuk mengambil foto dan video. Jika kamu mau punya perangkat yang tidak terlalu besar, iPhone 11 Pro cocok untuk kamu. Apabila ingin layar yang lebih besar, pilih saja iPhone 11 Pro Max.

Itulah 7 perbedaan antara iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. Secara keseluruhan, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max tidak ada perbedaan yang signifikan. Berbeda dengan iPhone 11 yang seperti ‘dianaktirikan,’ karena membawa spesifikasi paling rendah dan memang sengaja untuk menekan harganya.

Nah, kira-kira kamu tertarik membeli yang mana dari trio iPhone 11 series ini? (*)

Loading...

Artikel Terkait