Nasional

Top! Digagas Bupati, Pembangunan Sekolah CSR Segera Terwujud di Muaro Jambi

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 08/04/2021 16:59 WIB

Bupati Muaro Jambi, Hj Masnah Busro bersama perwakilan dari beberapa Perusahaan

Jambi, INDONEWS.ID - Bupati Muaro Jambi, Hj Masnah Busro menggagas pembangunan Sekolah lewat CSR perusahaan dan akan segera dibangun. Hal itu dilakukannya karena sebelumnya, 1 dari 3 sekolah yang diperjuangkan gagal dibangun.

Sekolah yang akan dibangun tersebut terdapat di Desa Suko Awin Jaya, Kecamatan Sekernan. Selain tak dapat anggaran dari Pemerintah Provinsi Jambi lantaran refocusing, faktor rawan kecelakaan jadi kekhawatiran Masnah.

Pasalnya, anak-anak dari desa tersebut musti menempuh perjalanan jauh untuk bersekolah di SMA. Potensi kecelakaan dan pengawasan pun jadi perhatian.

Gerak cepat, Ia langsung mengundang 8 perusahaan yang ada di kawasan Kecamatan Sekernan. Duduk bersama, membangun kebutuhan sarana pendidikan.

Pertemuan itu menghasilkan kesepakatan untuk menyiapkan 3 kelas untuk belajar. Belakangan, persiapan dilakukan dan siap peletakan batu pertama.

Kepala Dinas Pendidikan Muaro Jambi, Erwan Nisa memaparkan bagaimana proses dijalani hingga terealisasinya pembangunan tersebut kepada awak media.

"Sebenarnya pembangunan SMA itu, ranahnya kan Provinsi. Kabupaten ini kan hanya dari PAUD sampai SMP. Namun ini kebutuhan masyarakat Muaro Jambi, meminta bangunkan jenjang SMA di sana," ujarnya, Kamis (08/04/2021).

Ia juga menyampaikan, lokasi pembangunan gedung sekolah usai mendapat tanah hibah dari masyarakat setempat.

"Seharusnya hibah tanah ini langsung ke Provinsi, yang nanti mengurus pembangunan melalui dana provinsi atau pusat. Kita hanya membantu Provinsi dan mewakili masyarakat di sana," ungkapnya.

Selanjutnya, Erwan mengatakan bahwa melalui bantuan CSR tersebut, dapat dibangun 3 buah lokal atau kelas.

"Kita berharap dengan adanya 3 lokal nanti, Provinsi juga segera menyikapi masalah izin operasional sekolah tersebut. Dan menempatkan guru serta menunjuk kepala sekolah. CSR ini hanya membangun lokal, yang menjalankan Provinsi," tukasnya.

Sementara itu, Camat Sekernan, Kemas Ismail Azim menyebutkan bahwa terdapat 4 perusahaan yang terlibat dalam pembangunan tersebut.

"Yang gagas itu ibu Bupati. Senin besok itu kegiatannya untuk peletakan batu pertama oleh Bupati. Kita juga coba undang Dinas Pendidikan dan Bappeda Provinsi karena itu kan ranahnya," bilangnya.

Camat Sekernan ini juga mengatakan keluh kesah masyarakat masalah pendidikan anak-anak mereka.

"Karena kebutuhan masyarakat kita ini. Sekolahnya kan jauh nian ke Sekernan. Masyarakat sangat antusias dengan adanya pembangunan ini, karena kan kalau jauh itu rawan sekali kecelakaan," bebernya.*(Erwin Majam).

Loading...

Artikel Terkait