Opini

KBRI Brussel Promosi Wonderful Indonesia di Tram kota Brussel

Oleh : luska - Jum'at, 09/04/2021 07:33 WIB

KBRI Brussel Promosi Wonderful Indonesia 
di tram kota Brussel

Penulis: Dara Yusilawati
Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Brussel

Mengantisipasi antusiasme masyarakat Belgia untuk kembali beriwisata pada saat pandemi reda, KBRI Brussel meluncurkan promosi Wonderful 
Indonesia di salah satu moda transportasi, yakni tram, di kota Brussel, Belgia. Promosi ini dimulai sejak 8 April 2021 dan akan berlangsung selama 3 bulan ke depan selama musim semi hingga 28 Juni 2021.

Duta Besar RI untuk Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa, Andri Hadi, menjelaskan bahwa promosi Wonderful Indonesia di tram Brussel ini mengusung tiga tema yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Eropa, yakni: Indonesia is sustainable. Indonesia is tolerant. Indonesia is wonderful.

“Tema Indonesia is sustainable dimaksudkan untuk menjelaskan berbagai upaya Indonesia dalam menjaga keberlangsungan alamnya. Indonesia is tolerant dimaksudkan untuk menjelaskan sikap 
moderat dan toleran serta keramahtamahan masyarakat Indonesia. Sedangkan Indonesia is wonderful menampilkan berbagai destinasi menarik Indonesia yang perlu dikunjungi”, tegas Dubes Andri Hadi. 

Promosi ini menampilkan gambar-gambar seperti Komodo, Ulun Danu Bali, Borobudur, Raja Ampat, tari Gandrung Banyuwangi, dan Pantai Kelayang Bangka Belitung. Selain untuk wisata, promosi ini juga dimanfaatkan untuk lebih mempopulerkan produk dan komoditas Indonesia seperti kopi, coklat, sawit, teh, dan kayumanis. 

Meskipun hingga saat ini melakukan perjalanan ke Indonesia belum memungkinkan bagi warga asing, namun promosi ini dirasa tepat waktu mengingat banyak orang di Belgia sudah menantikan dapat berpergian dan berwisata kembali. Banyak orang sudah lelah menghadapi pandemi dan lockdown yang berkelanjutan. Selain itu, masyarakat Belgia diketahui sebagai masyarakat yang senang merencanakan wisatanya minimal satu tahun sebelumnya. 

Untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat kota Brussel, promosi Indonesia di tram ini akan melewati jalur-jalur sibuk yang berada di atas tanah yakni jalur 7, 8, 25, 92 dan 93. Dengan begitu, tram ini akan dapat menjangkau pejalan kaki, penghuni apartemen, pekerja perkantoran dan masyarakat lainnya di kota Brussel. Total pengguna transportasi umum di Brussels mencapai 1,1 juta orang/hari. Sebagian besar adalah usia aktif yang memanfaatkan transportasi umum untuk bekerja, belanja dan beraktivitas sehari-hari. 

Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang sangat terdampak oleh pandemi Covid-19. Tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Kondisi pandemi yang berlanjut tahun ini juga telah menyebabkan dibatalkannya berbagai pameran dan 
festival yang biasanya dimanfaatkan KBRI Brussel untuk mempromosikan Indonesia. 

Promosi melalui tram ini menjadi upaya kreatif KBRI Brussel untuk menjangkau publik Belgia secara masif namun tidak melibatkan pengumpulan orang.

Pada tahun 2020, akibat pandemi Covid-19, jumlah turis Belgia dan Luksemburg yang mengunjungi Indonesia mengalami penurunan drastis. Namun demikian, sebelum terjadinya kebijakan lockdown dan penutupan perbatasan, jumlah turis di bulan Januari dan Februari 2020 menunjukkan tren positif, sempat meningkat 12,8% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa warga Belgia dan Luksemburg memiliki ketertarikan yang cukup baik untuk melakukan perjalanan wisata ke 
Indonesia. 

Bahkan, berdasarkan survei yang dilakukan berbagai sumber, diketahui bahwa wisatawan asal Belgia dan Luksemburg menyukai destinasi wisata dengan cuaca tropis, berbudaya, memiliki pantai yang indah dan wisata keluarga. Indonesia tentunya memenuhi semua kriteria ini. Kita semua berharap agar pandemi Covid-19 segera usai sehingga sektor pariwisata Indonesia dapat kembali bangkit dan pulih kembali, segera.
 

TAGS : Kbri brussel

Artikel Terkait