Pojok Istana

Jokowi Perintahkan Kepala BNPB hingga Kapolri Lakukan Tanggap Darurat Gempa Bumi Jatim

Oleh : Marsi Edon - Minggu, 11/04/2021 18:44 WIB

Presiden Joko Widodo.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Jokowi memeerintahkan Kepala BNPB, Menteri Sosial, Kepala Basarnas, Menteri Kesehatan, dan Menteri PUPR serta Panglima TNI dan Kapolri beserta Pemprov dan Pemerintah Kota/Kabupaten untuk melakukan upaya tanggap darurat atas gempa bumi di mengguncag hampir seluruh wilayah Jawa Timur.

Perintah tanggap darurat ini dimaksudkan sebagai langkah terencana pemerintah untuk melakukan pencarian terhadap korban akibat gempa bumi. Selain itu, presiden memerintahkan penanganan kerusakan-kerusakan yang terjadi akibat gempa bumi tersebut.

"Memerintahkan kepada Kepala BNPB, Menteri Sosial, KepalaBasarnas, Menteri Kesehatan, dan Menteri PUPR serta Panglima TNI dan Kapolri beserta Pemprov dan Pemerintah Kota/Kabupaten untuk segera melakukan langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban yang tertimpa reruntuhan, segera melakukan perawatan pada korban yang luka-luka, dan juga penanganan dampak dari gempa bumi," kata Jokowi dalam keterangan persnya kepada media, Jakarta, Minggu,(11/04/2021)

Presiden juga menyampaikan duka cita mendalam terhadap seluruh korban akibat gempa bumi di Jawa Timur.

"Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat, Presiden Joko Widodo menyampaikan duka cita atas korban yang meninggal dunia," ungkapnya.

Presiden Jokowi mengingatkan, Indonesia berada pada Ring of Fire, aktivitas alam baik gempa dan lainnya dapat terjadi setiap saat. Karena itu, Pemerintah daerah harus menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap datangnya bencana gempa bumi.

"Mengingatkan pada Gubernur, Bupati, dan Walikota untuk terus menghimbau masyarakat agar mempererat kerjasama dan
meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan akan datangnya bencana," tutupnya.*

 

 

Loading...

Artikel Terkait