Sosok

Sosok Ratih Gianda, Alumni SMA Negeri 3 Berprestasi

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 08/05/2021 10:30 WIB

Alumni SMA Negeri 3 Berprestasi, Darmawan Ratih Gianda (Foto: Myedisi)

Sosok, INDONEWS.ID - Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Jakarta telah mencetak banyak alumni berprestasi yang sukses dalam karirnya. Salah satunya adalah Ratih D. Gianda.

Sosok wanita satu ini boleh masuk dalam daftar panjang srikandi alumni sekolah yang dijuluki SMA Teladan ini berkat kesuksesannya menjabat beberapa posisi penting di perusahaan tempatnya bekerja.

Sebagai informasi, SMA Negeri 3 Jakarta akan merayakan ulang tahun ke-68 pada 24 Oktober mendatang.

Lantas siapa sosok Ratih D. Gianda sesungguhnya dan seperti apa jejak perjalanan suksesnya hingga pada posisi yang sekarang? Simak selengkapnya!.

Ratih D. Gianda

Nama perempuan kelahiran Padang 16 Juni 1966 ini kerap muncul di berbagai media nasional akhir-akhir ini.

Terutama, sejak dirinya resmi menjabat posisi Vice President Investor, Corporate Communication and Sutainability Mitra Adi Perkasa Group (MAP Group) pada 2020 lalu.

Selain jabatan penting dan posisi yang sangat relevan dengan bisnis perusahan, alumni SMA Negeri 3 angkatan 1985 ini juga ramah terhadap awak media.

Hal itu membuatnya dilirik para wartawan untuk dimintai pemikirannya. Untuk diketahui, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP Group) merupakan perusahaan ritel gaya hidup terdepan di Indonesia.

Sebelum pada posisi prestisius yang diembannya saat ini, perempuan bernama lengkap Ratih Darmawan Gianda ini telah berkarya di perusahaan milik MAP Group sejak 1992.

Saat itu, Ratih memulai karirnya di perusahaan ini dengan posisi sebagai Division Manager in Golf Division PT Mitra Adi Perkasa Tbk (MAP) hingga tahun 2000.

Selanjutnya, alumna Monash University Australia ini sukses dipercayakan menjadi General Manager in Golf Divison PT MAP hingga 2005.

Dari sana, karirnya menanjak tajam menjadi Group Head of Investor Relation PT MAP sejak 2005 hingga 2008 dan menjadi Country Head of Samsonite Indonesia hingga 2018.

Perempuan yang menyandang gelar Business Administration ini kemudian menjadi Corporate Sectretary and Investor Relation PT MAP selama 2018 hingga 2020.

Ratih kemudian menjadi Director PT MAP Boga Adi Perkasa Tbk sejak Agustus 2020. Terakhir, sejak Januari 2020, Ratih kembali didapuk posisi VP Investor Relation, Corporate Communication and Sustainability-MAP Group, sebuah grup perusahaan yang menaungi pululuhan perusahaan.

Terkait sejarah pendidikan Ratih, setelah lulus dari SMA Negeri 3 Jakarta, ia mendaftar di Monash University, Australia dan lulus dengan gelar Business Administration (BA).*(Rikard Djegadut).

Loading...

Artikel Terkait