Nasional

Gempa Bumi Guncang Nias Barat, BNPB Terima Laporan dari 11 BPBD

Oleh : Mancik - Jum'at, 14/05/2021 22:21 WIB

Ilustrasi Gempa Bumi di Nias Barat.(Foto:BMKG)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menerima laporan dari 11 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten/kota di 3 provinsi terkait gempabumi dengan parameter magnitudo 7.2 yang kemudian dimutakhirkan menjadi 6.7 di lepas pantai sebelah barat Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara. Jumat (14/5/2021).

Adapun laporan yang pertama dari Provinsi Sumatera Utara, Pusdalops menerima laporan dari masing-masing BPBD Kabupaten Nias Barat, BPBD Kabupaten Nias Utara, BPBD Kabupaten Nias Selatan dan BPBD Kabupaten Nias yang menyatakan, gempa bumi dirasakan sedang hingga kuat oleh warga selama 2-5 detik.

Dari adanya guncangan tersebut, warga sempat panik dan berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri dari hal yang tidak diinginkan terkait adanya potensi dampak gempabumi.

Selanjutnya dari BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai juga melaporkan bahwa gempabumi dirasakan sedang hingga kuat selama 2-5 detik.

Beberapa masyarakat di Desa Simalegi, Kecamatan Siberut Barat, Kabupaten Kepulauan Mentawai dilaporkan sempat mengungsi ke tempat yang lebih aman setelah merasakan guncangan kuat dari gempabumi. Namun kini mereka telah kembali ke rumah masing-masing dan suasana kembali kondusif.

Laporan selanjutnya dari BPBD Kota Sibolga yang menyatakan, guncangan kuat telah terjadi selama 3-5 detik. Beberapa warga panik dan keluar rumah setelah merasakan guncangan tersebut.

Dari Provinsi Aceh, BPBD Kabupaten Aceh Singkil melaporkan, masyarakat sempat panik dan keluar rumah setelah merasakan gempa kuat selama kurang lebih 3 detik. Sementara itu, BPBD Kabupaten Simeulue melaporkan gempabumi dirasakan kuat selama 2-3 detik namun tak membuat masyarakat panik.

Dari Sumatera Barat, BPBD Kota Padang melaporkan bahwa guncangan gembabumi telah dirasakan sedang selama 3-5 detik dan membuat masyarakat panik hingga keluar rumah.

Adapun selanjutnya berdasarkan laporan dari BPBD Kabupaten Pesisir Selatan dan BPBD Kabupaten Padang Pariaman, masyarakat hanya merasakan guncangan lemah hingga sedang dan aktivitas normal seperti biasa.

Gempa Bumi Susulan dan Korban Jiwa

Menurut laporan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempabumi Nias Barat magnitudo (M) 6.7 telah mengalami dua kali gempabumi susulan (aftershock) yakni M 5.2 pada pukul 14.16 WIB dan M 5.3 pada pukul 16.16 WIB.

Berdasarkan laporan yang diterima Pusdalops BNPB per Jumat (14/5) pukul 16.28 WIB, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan maupun jatuhnya korban jiwa dari rentetan gempabumi tersebut.

Dalam hal ini, seluruh BPBD yang melaporkan adanya dampak gempabumi telah melakukan kaji cepat dan koordinasi bersama lintas instansi terkait.

BPBD juga telah memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap waspada, tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu diharapkan agar masyarakat dapat menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa, memeriksa dan memastikan kembali bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali kedalam rumah.*

 

Artikel Terkait