Nasional

Waspadai Penipuan! Begini Cara Cek Penerima Bantuan Rp1,2 Juta PNM Mekar

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 21/05/2021 17:59 WIB

Nasabah PNM didatangi Presiden Jokowi (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Dikabarkan bantuan PNM Mekar Rp1,2 juta telah kembali cair dan bisa melakukan proses lebih lanjut ke bank BNI terdekat di wilayah masing-masing.

Namun, telah beredar informasi terkait nasabah PNM Mekar yang mendapat panggilan telepon dan memberitahukan informasi sebagai penerima Banpres tersebut.

Mengetahui hal tersebut, informasi lengkap dan valid untuk mengecek penerima bantuan PNM Mekar hanya dapat dilakukan melalui laman Banpresbpum.id atau Eform.bri.co.id/bpum.

Selain melalui laman resmi tersebut wajib waspada dengan tindak penipuan karena pihak Bank BNI dan Bank BRI tidak memberikan informasi melalui panggilan telepon.

Para nasabah PNM Mekar tersebut kembali akan menerima bantuan PNM Mekar Rp1,2 juta melalui rekening BNI.

Terkait adanya pencocokan data dengan Kemenkop dan UKM, Bank BNI melakukan pemblokiran dana yang telah masuk pada sebelumnya hingga tak dapat ditarik oleh para nasabahnya.

Setelah membuat permohonan untuk pembukaan blokir di kantor BNI cabang terdekat, para penerima Banpres UMKM PNM Mekar melalui BNI dapat segera melakukan pencairan dana tersebut.

Melalui laman resmi disediakan, dianjurkan untuk mengecek terlebih dahulu apakah termasuk sebagai daftar penerima bantuan UMKM atau tidak.

Agar bisa mendapatkan informasi yang lebih valid dan aktual, para calon penerima bantuan juga dianjurkan untuk menggunakan laman yang tepat di banpresbpum.id.

Satu-satunya laman resmi untuk cek daftar penerima bantuan UMKM dan PNM Mekar dari BNI adalah https://banpresbpum.id.

Cukup menggunakan ponsel saja, untuk mengetahui daftar penerima bantuan PNM Mekar tahap 2 tergolong sangat mudah.

Berikut ini adalah cara untuk cek penerima bantuan UMKM atau PNM Mekar:

Buka laman https://banpresbpum.id
Siapkan KTP
Masukkan NIK pada KTP pada kolom yang tersedia
Klik cari

Jika nama tertera dengan keterangan alat lengkap, artinya menerima bantuan dan dianjurkan untuk segera mengunjungi BNI terdekat.

Hasil dari pencarian tersebut akan terlihat dalam beberapa saat, setelah klik cari.

Untuk melakukan pencarian dana, berikut adalah langkah-langkahnya, jika telah menemukan bukti mutasi sebesar Rp1,2 juta pada bulan Maret atau April.

Segera datangi kantor BNI cabang terdekat dengan membawa dokumen-dokumen di bawah ini, untuk mencairkan bantuan UMKM 2021 Rp1,2 juta tersebut.

Kartu identitas berupa KTP Elektronik
Kartu identitas dibutuhkan untuk membuktikan data diri sebagai penerima bantuan UMKM 2021

SPTJM UMKM yang telah diisi tanpa materai
SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) UMKM adalah surat pernyataan yang dibuat oleh pelaku usaha mikro selaku calon penerima bantuan UMKM dan bisa diperoleh di BNI.

Buku tabungan dan kartu ATM
Dipergunakan untuk membuktikan keanggotaan di Bank BNI dan untuk mengecek mutasi rekening.

Ketiga jenis dokumen tersebut wajib dibawa ke Bank BNI untuk proses verifikasi data sebagai penerima bantuan PNM Mekar dan merupakan syarat wajib untuk pencairan dana tersebut.

Petugas akan membuka blokir pada dana bantuan PNM Mekar yang telah diterima, setelah petugas melakukan verifikasi dan pencocokan data.

Dana sebesar Rp1,2 juta akan kembali masuk ke rekening satu hari setelah pembukaan blokir dan dapat segera ditarik sewaktu-waktu.

Namun, memasuki bulan Mei 2021, bantuan PNM Mekar Tahap 3 telah banyak tunggu oleh para nasabah.

Meski demikian, BNI belum memberikan pengumuman resmi terkait bantuan PNM Mekar tahap 3. Proses penyaluran yang masih berlangsung adalah Banpres UMKM ahap 2 hingga saat ini.

Demikianlah tata cara dan syarat pencairan dana bantuan PNM Mekar tahap 2 yang terkena blokir. Semoga membantu.*

 

Artikel Terkait