Pojok Istana

Presiden Jokowi Ingin Tradisikan Perwira Tinggi Aktif Pimpin Kepala BNPB

Oleh : very - Selasa, 25/05/2021 11:33 WIB

Presiden Joko Widodo. (Foto: Sekretarit Presiden)

Jakarta, INDONEWS.ID --- Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Letnan Jenderal (Letjen) TNI, Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Ganip Warsito menggantikan Letjen Doni Monardo.

Pelantikan berlangsung pukul 10.00 WIB di Istana Negara, Jakarta, Selasa (25/5/2021). Ganip dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 79 P Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepala BNPB. Ganip pun akan mendapatkan hak keuangan dan fasilitas setingkat menteri. Keputusan ini ditetapkan pada 24 Mei 2021 yang ditandatangani oleh Presiden Jokowi.

Presiden melakukan pengambilan sumpah jabatan kepada Ganip yang didampingi rohaniwan. Dalam pelantikan itu, Ganip bersumpah akan setia kepada UUD 1945 dan akan menjalankan segara aturan perundang-undangan selurus-lurusnya.

"Saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggungjawab," kata Ganip mengikuti ucapan Jokowi seperti dikutip Liputan6.com.

Terkait pergantian tersebut, Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyampaikan bahwa Presiden Jokowi ingin yang menduduki jabatan Ka BNPB adalah perwira tinggi aktif.

”Presiden ingin mentradisikan yang memimpin BNPB adalah perwira tinggi aktif, di antaranya agar setiap terjadi bencana bisa mudah mengerahkan pasukan, Pak Ganip akan dilantik pada Selasa ini,” ujar Pratikno.

Sebelum dilantik, Letjen Ganip Warsito mengemban tugas sebagai Kepala Staf Umum Tentara Nasional Indonesia.

Pria kelahiran di Magelang, Jawa Tengah pada 23 November 1963 ini mengawali karirnya saat lulus pendidikan Akademi Militer di tahun 1986. Ganip kemudian bergabung di divisi infanteri hingga mengemban amanat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan.

Jabatan Ganip Warsito sebagai Kasum TNI baru dijalaninya selama tiga bulan, usai Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melantiknya pada 1 Februari 2021.

Diketahui, selain menjabat sebagai Pangkogabwilhan III, Ganip juga pernah diamanatkan sebagai Pangdam XIII/Merdeka, dan Asops Panglima TNI.

Dari informasi dihimpun, sejumlah brevet dan tanda jasa berhasil diraihnya. Rentetan penghargaan Ganip selama pengabdiannya di TNI sejak tahun 1986 antara lain berupa Tanda Jasa yaitu Bintang Yudha Dharma Pratama (2020), Bintang Yudha Dharma Pratama, Bintang Kartika Eka Paksi Pratama, Bintang Yudha Dharma Nararya, dan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya. Sedangkan Brevet yaitu Brevet Cakra Kostrad, Brevet Pemburu, Brevet Para Raider, Brevet Jump Master, Brevet Taipur, Brevet Pelatih, Brevet Tank Kavaleri, Brevet Parachutist Thailand, Brevet Armed, dan Brevet Pertempuran Hutan. (Very)

 

Loading...

Artikel Terkait