Nasional

Rizal Ramli Adalah Administrator Sekaligus Solidarity Maker yang Mumpuni

Oleh : very - Selasa, 22/06/2021 11:16 WIB

Tokoh Pergerakan Rizal Ramli. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Paranormal Euis Juwariyah Johana atau yang lebih dikenal dengan panggilan Mbak You pernah meramal tentang sosok presiden setelah Presiden Joko Widodo.

Menurut perempuan kelahiran Salatiga, Jawa Tengah pada 7 Maret itu Indonesia dibawa kepemimpinan sang presiden tersebut akan diberikan kemakmuran, kesejahteraan. Sosok sang presiden, katanya, adalah pemimpin yang kompeten, kapabel, berintegritas dan rekam jejak yang handal.

"Menurut Mbak You, sosok presiden pengganti Jokowi ke depannya akan berikan kemakmuran bagi negara Indonesia. Kita aminkan ya sobat semesta,`` ujar Haris Rusly Moti, aktivis mahasiswa 1998 dalam sebuah acara seperti dikutip Konfrontasi.com, Minggu (20/6).

Haris menyebutkan bahwa Rizal Ramli adalah sosok negarawan yang memihak rakyat kecil dan sangat mampu mengatasi masalah ekonomi. Dia bukan sekadar pemimpin gaya politisi business as usual tapi miskin kapasitas teknokratis untuk mengatasi masalah.

“RR adalah inteligensia dan administrator sekaligus solidarity maker  yang mumpuni dan komit pada rakyat banyak,” ujar sosiolog muda  Gratia Wing Artha, mahasiswa pasca sarjana Sosiologi Unair dan jebolan Universitas Airlangga sebelumnya.

Gratia Arta mengatakan bawah mantan Menko Perekonomian di era Presiden Gus Dur itu merupakan tipikal inteligensia dan negarawan yang mengerti dan mempraksiskan UUD45 dalam bidang ekuin dan ke depan. Karena itu, katanya, Indonesia butuh RR selaku ekonom/inteligensia yang berpihak pada maslahat rakyat, bukan memihak oligarki dan konglomerat, karena rakyat harus adil-sejahtera dan sentosa.

Dalam sejarah perjalanan bangsa, Indonesia pernah memiliki dua sosok Presiden dan Wakil Presiden yaitu Soekarno-Hatta. Presiden Soekarno disebut memiliki kepemimpinan sebagai solidarity maker. Dengan semangatnya yang menyala-nyala, Bung Karno mampu membangkitkan semangat dan kemauan untuk bersatu dalam diri rakyat Indonesia.

Sedangkan sosok Mohammad Hatta merupakan tipe kepemimpinan Administrator. Dia piawai mengatur administrasi negara. Karena itu, dalam sejarah bangsa ini, kedua pemimpin inilah yang menjadi model bagi kepemimpinan Indonesia. Keduanya memiliki kelebihan maupun kekurangan masing-masing. Karena itu, keduanya bisa saling mengisi satu sama lain. Inilah zaman emas dimana Indonesia memiliki sosok pemimpin yang bisa saling mengisi kekurangan masing-masing.

Karena itu, betapa berbangganya bangsa Indonesia bisa memiliki Rizal Ramli, seorang pemimpin dengan ciri kepemimpinan yang solidarity maker, administrator dan inteligensia. Dia lasksana perpaduan kepemimpinan Soekarno-Hatta.

``Saya dukung perjuangannya dari Surabaya, RR adalah cendekiawan yang ditendang oleh kekuasaan yang tak berpihak pada rakyat. Kini krisis ekonomi  dan pandemi butuh RR sebagai pemimpin  dan problem solver, Arek-arek Surabaya dukung RR selamatkan bangsa,`` kata Gratia Wing Arta yang juga dari komunitas inteligensia muda dan aktivis Unair Surabaya itu. (*)

Loading...

Artikel Terkait