Piala Euro

Prediksi Preview Match Grup D Piala Eropa Inggris Vs Ceko Rabu Besok

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 22/06/2021 15:20 WIB

Match Grup D Piala Eropa Inggris Vs Ceko (Foto: skor.id)

Oleh: Syafri Adnan Baharudin, eks Dubes WTO dan Pengamat Bola

Jakarta, INDONEWS.ID - Timnas Inggris akan bertemu Ceko dalam laga Piala Eropa grup D di WEMBLEY STADIUM, London, Inggris Rabu, 23 Juni Jam 02.00 besok.

Inggris belum membuktikan sebagai salah satu favorit kuat Turnamen ini. Bermain di kandang selama pertandingan grup dan didukung skuad yang mumpuni-sebagian besar adalah pemain inti klub di kompetisi Liga Premier, namun hasil hanya satu gol dalam dua pertandingan terdahulu, memang sangat mengecewakan.

Ceko yang datang sebagai tim mediocre yang didukung sebagian besar pemain domestik yang kurang dikenal nyatanya sudah mengumpulkan poin 4 dengan gol lebih banyak dan sedang memimpin Grup D. Hasil seri saja sudah menjadi juara Grup D.

 

Malam nanti Inggris tidak punya pilihan lain selain keluar menyerang, walau hasil draw sudah bisa mengantarkan mereka lolos ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup.

 

Kelemahan utama pada tim Inggris bahwa Phil Foden dan Harry Kane yang diandalkan, belum menunjukkan tajinya. Sependapat dengan mantan pemain Timnas-Wayne Rooney, bahwa Coach Southgate harus realistis.

 

Dengan skema menggunakan dua winger murni, sama dengan `menyandera` Foden, yang di klubnya diberi keleluasaan untuk bermanuver ke tengah bahkan ke kanan.

Seandainya tipe winger yang dibutuhkan mungkin Grealish lebih tepat untuk membuka lebar lapangan atau Chilwell yang memiliki naluri bertahan dan menyerang di sisi kiri sama baiknya.

 

Hal yang sama dengan di sisi kanan. Seandainya dibutuhkan tipe winger sejati, sebaiknya Jordan Sancho dimainkan sejak menit pertama. Pilihan lain jika Kane tidak efektif, maka skema false-nine bisa diterapkan dengan menurunkan Rashford-Sterling-Grealish-Sancho-Phillips-Rice sejak awal.

 

Ceko tetap akan bermain pragmatis. The Locomotive tetap akan bermain dengan skema 4-2-3-1 dengan tumpuan pada top skorer sementara Schick dan Soucek sebagai `Anchor man`, pemain jangkar yang sangat mobile berduet dengan Kral, di depan empat back. Gelandang serang Jankto-Darida-Mosopust sangat efektif dan berani bertarung satu lawan satu.

Jika Inggris tidak menguasai lapangan tengah malam ini, ada kemungkinan hasil The Three Lions akan kembali mengecewakan.

Coach Silhavy cukup jeli dalam membaca tempo permainan dan bisa mengganti skema sesuai yang diinginkan. Ceko akan mempersulit Inggris, bila mereka tidak sekedar mengejar hasil draw, sesuatu yang bisa jadi bumerang.

PREDIKSI: INGGRIS 50-CEKO 50.

 

Loading...

Artikel Terkait