Daerah

PMKRI Wilayah Sulawesi Gelar Jambore Kewirausahaan, Usaha Mandiri Kader Target Prioritas

Oleh : Mancik - Senin, 05/07/2021 12:32 WIB

Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Wilayah Sulawesi melaksanakan  kegiatan jambore kewirausahaan yang digelar di Kota Palopo dari tanggal 1 - 3 Juli 2021.(Foto:Ist)

Palopo, INDONEWS.ID - Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) untuk wilayah Sulawesi melaksanakan kegiatan jambore kewirausahaan. Kegiatan ini dilaksanakan di Kota Palopo, Sulawesi Selatan dari tanggal 1 hingga 3 Juli 2021.

Beberapa rangakaian kegiatan yang dilakukan adalah seminar nasional dengan pelatihan kewirausahaan. Adapun narasumber yang hadir pada sesI I Offline yakni Ketua Presidium Pengurus Pusat PMKRI Benidiktus Papa dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi selatan H. Syaharuddin Alrif.

Sementara untuk session II di laksanakan secara virtual, hadir sebagai narasumber, Kabag Perencanaan dan Pemantauan Evaluasi  KemenKop UKM Pieter Silaen, Komisaris Independen PT. Hutama Karya Realtindo Razikin siraid dan Mikro Business Group, muhammad Isnaeni.

Selanjutnya, rangkaian  kegiatan setelah sesi seminar adalah pelatihan Kewirausahaan yang dilaksanakan di Gedung Prisma GPIL Rampoang kota Palopo dari tgl 2 -3 Juli 2021.  Hadir peserta dari Pmkri Cabang Makassar, PMKRI Cabang Palopo, PMKRI Cabang Toraja, PKMRI Cabang Palu dan PMKRI Cabang Kendari.

Pada akhir kegiatan pelatihan, dilakukan FGD, diskusi usaha dan persentase usaha yang bertujuan untuk merumuskan rekomendasi untuk dilaksanakan oleh setiap peserta dalam bentuk usaha mandiri.

Ketua Panitia Jambore, Rivaldo Saputra Uba, dalam sambutan penutupan kegiatan, mengajak semua peserta melihat peluang dan tantangan di tengah pandemi Covid-19.

"Kita semua yakin dan percaya bahwa covid 19 ini tidak tahu kapan berakhir, maka kita perlu mempersiapkan diri melihat peluang yg ada. Sebagai mahasiswa dan juga sebagai  kader PMKRI Kita di tantang untuk berinovasi khususnya dalam mendukung kemandirian ekonomi," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Presidium PMKRI Cabang Palopo Santa Catarina Periode 2021 - 2021, Gabriel Esong berharap, kegiatan jambore ini dapat memberikan manfaat bagi kader dari beberapa cabang yang hadir pada pelatihan di Palopo.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PP PMKRI yang telah memberikan kepercayaan kepada PMKRI Cabang Palopo sebagai tuan rumah untuk menggelar jambore kewirausahaan di wilayah Sulawesi.

"Kegiatan ini bukan hanya seremonial semata sehingga harapan mandiri betul-betul bisa terlealisasi dan yang lebih pentingnya ialah PMKRI bisa mencetak  kader - kader Enterpreneursip muda," ungkapnya.

Mewakili Pengurus Pusat PMKRI, yang juga sebagai Ketua Lembaga Pengembangan Kewirausahaan PP PMKRI, Yohanis B. Parinding, menyampaikan harapan besar kepada seluru peserta jambore pelatihan kewirausahaan bahwa setelah kegiatan ini diharapkan ada upaya lebih lanjut melalui usaha mandiri kader.

"Berani menjadi Job Creator. meskipun di tengah pandemi. Peluang usaha sangat besar salah satunya dengan memanfaatkan teknologi yang ada," tutupnya.*

Artikel Terkait