Gaya Hidup

Allo Cables Menghadirkan Single Pertama Berjudul Wheel

Oleh : luska - Senin, 05/07/2021 16:43 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Allo Cables adalah kolaborasi dua personil band Nu gaze di scene Bandung: Aryandra Kareem (Noirless) dan Alyuadi Febryansyah (Heals), meramu hal-hal yang mereka suka dan alami dalam moniker bernama Allo Cables.

Mereka berdua berkolaborasi dalam satu single berjudul “Wheel” yang dirilis digital oleh Anoa Records pada 30 Juni 2021. Sebelumnya, lagu ini sudah termuat pada album kompilasi Ocean Blender: Indonesian Shoegazer Compilation vol. 2 yang juga dirilis Anoa Records pada awal Mei lalu.

Alyuadi menyebutkan bahwa tandem ini adalah ide proyek musik mereka yang dahulu tidak kunjung terjadi. “Aryandra yang akhirnya mengingatkan untuk  menghidupi lagi proyek musik kami,” kata Alyuadi.

Proses penulisan lagu dilakukan secara virtual dari komputer dan laptop masing-masing. Aryandra merasakan produksi lagu “Wheel” terjadi mulus dan klik di antara keduanya. “Jarang sekali melewati diskusi keras atau ke-kurang-setuju-an terhadap masing-masing buah pikir,” jelasnya lagi.

Mereka berdua saling melempar file audio, meracik karakter dan lanskap musik yang diinginkan. Gitar, vokal, dan bas direkam di kamar masing-masing, sementara untuk drum dilakukan di sebuah studio oleh teman mereka, Rifqi. Total sekitar satu bulan lamanya untuk merekam “Wheel”.
 
Lirik “Wheel” ditulis oleh Aryandra dan Alyuadi, terinspirasi dari bagaimana rutinitas membelenggu hidup dan waktu terus berputar mencari bentuk dinamisnya. Berputar terus di atas dan di bawah, dan Alyuadi pun merasakannya walau tampak getir. “Saat itu saya lagi rugi trading, so it's a kind of a loss jam,” ujar Alyuadi sambil tertawa geli.

Saat merekam lagu ini, Aryandra banyak menikmati band-band seperti Silversun Pickups, Sonic Youth, dan Yo La Tengo. “Kalau saya pribadi lagi mendengarkan Manic Street Preachers album Lifeblood dan Cast dengan lagu Mankind,” kata Alyuadi.

Kini Allo Cables sudah mulai merancang ide-ide berikutnya. Mereka berencana untuk membuat beberapa single lagi, dan jika pandemi selesai, tak menutup kemungkinan untuk hadir dengan format band dalam pentas pertunjukan. (Harlan Boer)

TAGS : Allo Cables 

Artikel Terkait