Nasional

PWJ DKI Jakarta Gelar Webinar Ilmiah soal Osteoporosis dan Osteoartritis pada Lansia

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 27/07/2021 15:30 WIB

Perkumpulan Werdatama Jaya atau PWJ Unit Dinas Kesehatan DKI Jakarta kembali menggelar seminar online pada Selasa, (27/7/21) siang.

Jakarta, INDONEWS.ID - Perkumpulan Werdatama Jaya atau PWJ Unit Dinas Kesehatan DKI Jakarta kembali menggelar seminar online pada Selasa, (27/7/21) siang.

Webinar ilmiah bertajuk "Osteoporosis dan Osteoartritis pada Lanjut Usia" itu digelar melalui aplikasi meeting zoom dan disiarkan secara live melalui Channel YouTuve PWJ DKI Jakarta.

Ketua Perkumpulan Werdatama Jaya Unit Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dr. Indrawati Hadi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada para narasumber, para peserta serta semua pihak yang berkenan hadir dalam acara ini.

Dokter Indrawati juga menyampaikan bahwa pada webinar kali ini, PWJ DKI Jakarta akan mengkhususkan dirinya pada pembahasan tentang osteoporosis dan osteoartritis pada lanjut usia.

Hal ini, tambahnya, karena pada webinar-webinar sebelumnya, yakni pada webinar seri ke-1 hingga 9, semuanya topik pembahasan berkutat seputar masalah covid-19.

"Alhamdulillah, kita sampai pada kegiatan serial ke-10 selama pandemi ini. Kami akan mengkhususkan sekarang kepada kegiatan olahraga karena kami tahu, beberapa dari kami biasanya senam di macam-macam tempat di lapangan. Namun sayangnya, dengan pandemi ini, kita tidak bisa keluar rumah," kata dokter Indrawati Hadi di sela-sela sambutannya, seperti dikutip Selasa (27/7/21).

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia yang telah menerima anggota PWJ untuk mengikuti kegiatasn Perwatusi yang diadakan pada Selasa, Kamis dan Sabtu setiap minggunya.

"Sebagian bahkan semua dari kita yang mengikuti acara senam osteoporosis Selasa, Kamis dan Sabtu hadir di sini dan alhamdulillah sehat-sehat saja. Jadi itulah salah satu rasa syukur kami bahwa alhamdulillah kami masih masih bisa berkarya di PWJ Unit Dinas Kesehatan DKI Jakarta," ungkap Indrawati Hadi.

Dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran ini lalu menuturkan awal mula pihaknya bergabung dengan Perwatusi dimulai pada awal Juni 2020 lalu. Jumlah anggota PWJ, tambahnya, cukup banyak.

"Kami ingat awal-awal kami masuk sebagai anggota Perwatusi itu awal Juni 2020 dan sebagian kami memakai nama PWJ di belakangnya dan sebagain tidak. Namun kami cukup banyak yang hadir di acara senam ini," bebernya.

Mantan Kepala Suku Dinas Jakarta Barat ini mengungkapkan bahwa dengan webinar ilmial kali ini, pihaknya merasa senang karena mendapat tambahan ilmu yakni selain senam fisik, juga pengetahuan tentang osteoporosis dan osteoartritis.

"Sehingga kami merasa sangat senang ditambah ilmu lagi. Selain senam, hari ini kami mendapatkan ilmu mengenai apa itu osteoporosis dan osteoartritis, padahal sebagain besar dari kami adalah dokter. Tapi mudah-mudahan pengulangan ini akan lebih mengingatkan kita kembali kepada pentingnya olahraga fisik," pungkasnya.

"Sekali lagi, terima kasih dari kami semua, tim PWJ kepada Perwatusi Indonesia karena telah menerima kami setiap kali ada jadwal kegiatan senam. Kegiatannya sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan kita," tutup dokter Indrawati Hadi.

Hadir dalam webinar ini sebagai narasumber antara lain dr. Anna Ariane, Sp PD K-R yang memaparkan materi terkait strategi menghadapi osteoporosis dan osteoartritis dan dr. Ade Tobing Jeanne Tobing, SpKO terkait peran latihan fisik untuk osteoporosis dan osteoartritis.

Turut hadir menyampaikan sambutan adalah Ketua Perwatusi Indonesia, Anita Errol Hutagalung dan
Penasehat PWJ Unit Kesehatan, dr. Dien Emawati. MKes dan dr. Tatiana Miryam Rotikan, SpKO sebagai moderator acara.

Acara yang dimulai pukul 13.00 waktu Indonesia barat itu diawali dengan penampilan kelompok angklung yang beranggotakan para anggota PWJ Unit Dinas Kesehatan Jakarta dan dihadiri lebih dari 200 peserta.*(Rikard Djegadut).

Artikel Terkait