Nasional

Tegas! Jokowi Ingatkan ASN Jangan Jadi Pejabat yang Minta Dilayani Seperti Zaman Kolonial

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 27/07/2021 15:45 WIB

Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN) harus memiliki orientasi memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dia menegaskan ASN jangan berharap agar dilayani dan bergaya seperti pejabat seperti zaman kolonial dulu.

"Setiap ASN harus mempunyai orientasi yang sama yaitu memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat. ASN bukan pejabat yang justru minta dilayani, yang bergaya seperti pejabat zaman kolonial dulu. Itu tidak boleh lagi, bukan zamannya lagi," kata Jokowi saat memberikan arahan kepada para ASN dalam acara lauching Core Velue dan employer branding ASN, Selasa (27/7).

Dia menegaskan para ASN harus mempunyai jiwa melayani dan membantu masyarakat. Oleh sebab itu, ASN dilengkapi sumber daya dan kewenangan yang diberikan oleh negara.

"Otoritas dan sumber daya ini harus digunakan secara akuntabel dengan loyalitas tinggi kepada pemerintah bangsa dan negara," ungkapnya.

Jokowi mengingatkan menjaga kehidupan masyarakat yang harmonis dan di tengah dunia yang penuh distrupsi adalah sebuah keharusan. Dia menjelaskan, saat ini peningkatan kapasitas dan kompetensi serta kemampuan beradaptasi dengan perubahan menjadi mutlak bagi ASN.

"Banyak sekali masalah yang tidak bisa dipecahkan oleh satu dinas, oleh satu daerah, oleh satu Kementerian atau lembaga maupun oleh satu keahlian dan satu disiplin ilmu," ungkapnya.

Untuk itu, Jokowi menilai kolaborasi lintas organisasi, lintas daerah, lintas ilmu, lintas profesi menjadi sangat penting. Semua masalah harus selalu dilakukan dengan lintas sektor dan lintas disiplin.

"Saat ini dunia menjadi serba Hybrid, serba kolaboratif tidak boleh lagi ada ego, baik Ego sektor, ego daerah dan ego ilmu," pungkasnya.*

Artikel Terkait