Gaya Hidup

Agar Uang Bulanan Cukup, Ini Tips Menabung Ala Anak Kos!

Oleh : indonews - Sabtu, 14/08/2021 10:35 WIB

(Sumber : https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-meja-tulis-buku-catatan-meja-4475523/

Jakarta, INDONEWS.ID -- Sebagai anak kos, maka Anda perlu menerapkan pola menabung yang benar agar uang bulanan tetap cukup sampai akhir bulan. Terlebih bagi anak kos yang masih berstatus mahasiswa, punya uang bulanan cukup adalah hal yang wajib dilakukan. Maka dari itu penting untuk mengetahui tips menabung ala anak kos. 

Menabung merupakan hal yang mudah jika dilakukan sejak kecil. Tetapi ketika setelah dewasa baru ingin belajar menabung, hal ini tentu sulit dilakukan. Tetapi bukan berarti Anda harus menyerah dan tidak menabung sama sekali apalagi bagi anak kos. Hanya perlu tahu cara yang tepat untuk menabung. 

 

Cara Menabung Ala Anak Kos

Memiliki tabungan untuk anak kos adalah hal yang wajib. Karena tabungan bisa digunakan untuk hal-hal yang mendadak dan juga ketika uang bulanan sudah menipis. Ini beberapa tips menabung ala anak kos terutama para mahasiswa yang wajib Anda praktekkan.

 

1. Jangan Berhutang

Jika Anda ingin memiliki keuangan yang aman maka sebisa mungkin hindari budaya berhutang. Baik berhutang kepada kerabat ataupun sahabat sebaiknya dihindari saja. Memiliki hutang bukan saja menjadi beban Anda sendiri, tetapi tentu saja akan jadi beban bagi orang yang dihutangi. 

Jika tidak ada kebutuhan darurat, maka tekan keinginan untuk membeli hal-hal yang tidak penting. Anda bisa membeli sesuatu yang diinginkan ketika tabungan sudah cukup atau saat gajian bulan depan saja.

 

2. Cermat Menghitung Pengeluaran dan Pemasukan

Menabung ala anak kos maka Anda harus pintar mengatur keuangan. Sebaiknya tahu cara yang tepat untuk mengatur pengeluaran dan pemasukan setiap bulan. Ketika menabung maka polanya adalah menyisihkan bukan menyisakan. 

Jadi setiap kali gajian masuk atau transferan uang bulanan masuk maka Anda harus menyisihkan sejumlah uang untuk disimpan. Ketika sudah membuat anggaran pengeluaran dan pemasukan, apakah Anda bisa tahu lebih rinci berapa uang yang bisa ditabung untuk setiap bulannya.

 

3. Mengetahui Beda Keinginan dan Kebutuhan

Untuk bisa memiliki tabungan meski Anda hanya anak kos, maka perlu membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Ketika berbelanja Anda harus tahu dulu bagaimana kondisi keuangan. Sesudah itu, Anda hanya perlu membelanjakan keperluan yang memang dibutuhkan untuk satu bulan. 

Keperluan ini harus menjadi prioritas utama. Sementara keinginan yang hanya menjadi salah satu alat pemuas untuk memenuhi gaya hidup, dikurangi saja apalagi jika budget Anda tipis. 

 

4. Membuat Rekening Khusus Tabungan

Penting untuk memisahkan antara rekening khusus tabungan dan rekening gaji atau transferan uang bulanan. Punya rekening khusus berguna untuk tetap konsisten menabung dan memisahkan uang kebutuhan dengan uang simpanan. 

Anda jadi lebih disiplin dalam menyimpan uang tanpa harus tergoda untuk menggunakan uang tabungan tersebut. Akan lebih baik bila rekening khusus tidak dibuatkan kartu ATM. Ini membantu Anda untuk tidak sembarangan membelanjakan uang tabungan. 

 

5. Punya Target Khusus

Menabung yang cermat tidak hanya dengan menggunakan rekening khusus tabungan. Anda juga perlu punya target tersendiri kepada tabungan tersebut agar lebih termotivasi untuk mencapai tujuan atau target. Target ini bisa berupa apa saja seperti misalnya membeli gadget baru.

Punya target juga akan membantu Anda untuk konsisten menabung. Karena tabungan jadi punya tujuan yang jelas. Menabung untuk sebuah target bisa juga menjadi salah satu bentuk self reward

Itu tadi beberapa tips menabung ala anak kos yang tentu saja bisa dicoba. Bagi Anda yang susah untuk mengatur keuangan dan bisa menabung dengan tenang, bisa menggunakan aplikasi, salah satunya adalah aplikasi Senyumku. Untuk mendapatkan, Anda tinggal unduh atau  download Aplikasi Senyumku di Playstore.

Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi perbankan yang revolusioner. Karena bisa membantu Anda untuk melakukan banyak aktivitas finansial. Mulai dari menabung, melakukan transaksi dan juga atur keuangan lebih aman dan simple.

Menariknya, semua bisa Anda lakukan hanya lewat smartphone saja. Sangat cocok bagi Anda yang memang punya mobilitas tinggi dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber : 

https://edunitas.com/edunews/detail/Tips-Efektif-Menabung--Ala-Mahasiswa https://ajaib.co.id/5-cara-pintar-menabung-ala-mahasiswa/ https://berkeluarga.id/2020/10/16/anti-bokek-ini-5-tips-menabung-untuk-mahasiswa-rantau/

 

Loading...

Artikel Terkait