Nasional

7th China and Globalization Forum 2021 Bahas Upaya Pemulihan Global Pasca Pandemi

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 16/08/2021 15:36 WIB

Dubes Djauhari Oratmangun hadir dan berbicara pada the 7th China and Globalization Forum 2021 yang diselenggarakan oleh Center for China and Globalization (CCG), salah satu think tank terkemuka Tiongkok yang bermarkas di Beijing.

Jakarta, INDONEWS.ID - Beberapa waktu yang lalu, Dubes Djauhari Oratmangun hadir dan berbicara pada the 7th China and Globalization Forum 2021 yang diselenggarakan oleh Center for China and Globalization (CCG), salah satu think tank terkemuka Tiongkok yang bermarkas di Beijing.

Acara secara resmi dibuka oleh Mr Wang Huiyao, President CCG yang juga merangkap sebagai Counselor for China State Council. Sejumlah akademisi, pelaku bisnis, kalangan pemerintah RRT dan perwakilan kedubes asing di Beijing turut berpartisipasi pada Forum yang berlangsung pada 29 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021.

Dimoderatori oleh Liu Xin, TV Host CGTN, Dubes Djauhari bersama dengan 11 Duta Besar lainnya di Beijing memaparkan gagasan langkah yang perlu diambil oleh komunitas internasional dalam memulihkan perdagangan dan mobilitas global pasca pandemi Covid-19.

Secara khusus, Dubes Djauhari juga menggarisbawahi pentingnya kerja sama infrastruktur kesehatan, regain trust pada tingkat bilateral dan regional serta menangkap peluang ekonomi digital yang semakin menonjol di masa pandemi dan diyakini menjadi penentu utama pertumbuhan dan pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Forum China and Globalization ini sudah diselenggarakan secara berkala sejak 2015 dan bertujuan menjadi platform dialog untuk membahas masa depan bersama komunitas global dan perkembangan globalisasi Tiongkok.

Pada forum kali ini disampaikan bahwa pandemi Covid-19 membawa kesadaran tentang pentingnya kerja sama lintas kawasan serta membangun globalisasi yang resilient bagi pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Berdasarkan daftar 2020 Global Go Think Tank Index, CCG yang berdiri sejak 2008 menempati peringkat 64 top think tank di seluruh dunia dan termasuk top 50 global independen think tank.

CCG sudah memiliki lebih dari sepuluh cabang dan perwakilan di luar negeri dengan lebih dari 100 pakar peneliti dan merupakan wadah pertukaran ide dan dialog antara Tiongkok dan dunia internasional.*

Artikel Terkait