Nasional

DAAI TV Apresiasi Penanggulangan Covid-19 di Tanah Air

Oleh : very - Selasa, 24/08/2021 13:10 WIB

Ulang Tahun DAAI TV

Jakarta, INDONEWS.ID -- Menyambut Ulang Tahun DAAI TV yang ke-14, Presiden Republik Indonesia, Ir. H.  Joko Widodo menyampaikan harapannya agar DAAI TV terus konsisten menyebarkan cinta kasih dan memberitakan kebaikan untuk masyarakat Indonesia.

“Teruslah menjadi media yang bisa menjadi tuntunan kebenaran untuk Indonesia,” ujar Presiden Jokowi di Jakarta, Selasa (24/8). 

Dalam kesempatan yang berbeda Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin juga memberikan ucapan selamatnya. “DAAI TV senantiasa hadir menemani masyarakat Indonesia dengan program yang mengusung pesan cinta, kasih, kebajikan dan keindahan. Kehadiran DAAI TV untuk merajut cinta kasih tak terbatas tentu sangat relevan dengan masyarakat Indonesia yang majemuk," demikian disampaikan Wapres Ma’ruf Amin.

Seperti dikutip dari siaran pers DAAI TV, dalam rangka memperingati HUT ke-14, pada 25 Agustus 2021, DAAI TV Indonesia memberikan penghargaan DAAI Awards kepada institusi, komunitas dan individu yang turut berkontribusi dalam penanggulangan Covid-19 di Tanah Air.  

Masalah di dunia tidak dapat diselesaikan oleh satu orang saja, dibutuhkan uluran tangan dan kekuatan banyak orang untuk dapat menyelesaikan bersama. Situasi pandemi yang melanda Indonesia, telah melahirkan banyak relawan dan pahlawan-pahlawan Indonesia yang dengan kepedulian dan aksinya memberikan uluran tangan untuk mereka yang terkena dampak pandemi.

Dengan mengusung tema Indonesia Bangkit, pemberian penghargaan ini juga menjadi bentuk dukungan DAAI TV atas kegotongroyongan semua pihak yang sudah berkontribusi secara mandiri maupun kolektif agar Indonesia segera pulih dari dampak Covid19.

“14 tahun sudah DAAI memberi kontribusi untuk Indonesia lewat tayangan positif. Di masa pandemi ini, kami ingin memberikan apresiasi untuk mereka yang sudah mendedikasikan waktu, tenaga, pikiran dan juga bersumbangsih dana pribadi untuk berbagi pada sesama. Kami memilih beberapa narasumber DAAI TV dan institusi terkait sebagai penerima penghargaan, sebagai rasa terima kasih DAAI TV untuk rasa kemanusiaan, kesetiakawanan sosial, kepedulian dan empati mereka, yang juga mewakili nilai-nilai yang kami tanamkan di DAAI TV, yaitu bersyukur, menghormati dan cinta kasih,” ujar Hong Tjhin,  CEO DAAI TV.  

(Saksikan Live steaming acara Indonesia Bangkit di DAAI TV pada 25 Agustus 2021, pukul 19.00. Foto: Ist)


Kategori Penerima Penghargaan DAAI TV 

Untuk kategori Institusi, penghargaan diberikan kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), dan Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet. 

“Penghargaan ini saya persembahkan kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi dan pengabdian mereka kepada bangsa dan Negara. TNI bersama POLRI dan semua elemen bangsa selalu siap menjadi ujung tombak dalam membantu masyarakat Indonesia,” demikian disampaikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. saat menerima plakat penghargaan yang diserahkan oleh CEO DAAI TV, Hong Tjhin.

DAAI TV juga memberikan apresiasi kepada Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) yang menaungi Pengusaha Peduli NKRI yang sudah memberikan kontribusinya untuk bantuan-bantuan kemanusiaan dan kesehatan. Bantuan yang disalurkan melalui Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia ini terus berlangsung dari awal pandemi tahun lalu hingga kini.

“Penanganan pandemi menjadi tugas kita, dalam berbagai kapasitasnya masing-masing, untuk gotong royong bersama pemerintah, memulihkan kesehatan, serta membangkitkan ekonomi Indonesia,” ujar Ketua Kadin Arsjad Rasjid saat menerima penghargaan.   

Selain institusi, apresiasi juga diberikan kepada individu yang merupakan narasumber DAAI TV. Mereka  terjun langsung membantu masyarakat menghadapi masa-masa sulit di tengah pandemi Covid19. Salah satunya adalah Edho Pratama, yang juga dikenal masyarakat dengan nama Edho Zell. Youtuber dan influencer ini membagikan makanan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan, melalui program Warteg Gratis.  

Yayasan Miftahul Hidayah yang berlokasi di Tangerang, Banten, juga menjadi penerima apresiasi di bidang pendidikan. Yayasan yang dirintis oleh Dedi Sukardi ini turut berkontribusi untuk memberikan kemudahan bagi anak-anak di pelosok Rumpin, Tangerang yang kesulitan mengikuti kelas online, karena keterbatasan teknologi dan sulitnya sinyal di daerah ini. Selain itu sekolah ini juga tidak memungut biaya sekolah sepeserpun pada para murid dan santrinya.   

(Lea Simanjuntak (tengah) penyanyi pop dan rohani Indonesia, yang terkenal dengan teknik seriosa dalam setiap penampilan panggungnya. Foto: Ist)

Para penerima penghargaan kategori individu lainnya, adalah Binsar Manik di bidang kesehatan  atas perjuangannya memerangi TBC di tengah pandemi, Dimas Jayasrana di bidang sosial dengan kontribusinya di Lumbung Pangan yang membagikan bahan makanan untuk warga yang membutuhkan. Satlantas Polres Deli Serdang Bedagai (kategori sosial) dan Komunitas Medan bernalar (kategori pendidikan) yang merupakan narasumber DAAI TV Medan, juga mendapatkan apresiasi DAAI Award untuk aktivitas mereka di Sumatera Utara.

 

Event Indonesia Bangkit

Penyerahan DAAI Awards yang akan ditayangkan pada tanggal 25 Agustus 2021 pukul 19.00 WIB dan tanggal 29 Agustus 2021 (rerun) di jam yang sama.  Event ini menghadirkan penampilan Lea Simanjuntak, penyanyi pop dan rohani Indonesia, yang terkenal dengan teknik seriosa dalam setiap penampilan panggungnya.

Di awal penampilannya, Lea membawakan lagu “Badai Pasti Berlalu” ciptaan Eros Djarot yang sarat makna tentang semangat hidup. Lea juga membawakan lagu “DAAI Mencerahkan Dunia” dan ditutup dengan penampilan “Indonesia Jiwaku”. 

Semangat perjuangan di bulan kemerdekaan juga turut hadir dalam lantunan lagu Nasional yang dibawakan oleh Satrio Lahskart dan Shabrina Leonita Finalis Voice of DAAI 2018. Lagu-lagu seperti, “Indonesia Pusaka” dan “Kebyar-Kebyar”.

Sesuai temanya Indonesia Bangkit, Cinta Kasih Memberi Harapan, di usia ke-14 Tahun, DAAI TV berharap dapat menjadi lentera bagi masyarakat dalam menumbuhkan semangat cinta kasih, gotong royong, toleransi, kesetiakawanan sosial dan kepedulian terhadap sesama. (*)


Artikel Terkait