Opini

Tidak Menunda Kebaikan

Oleh : luska - Minggu, 05/09/2021 10:36 WIB

by : Noryamin Aini (Dosen UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta)

Sahabatku yang dimuliakan Allah. 

Kehidupan ini adalah pergumulan panjang dan abadi untuk menjadi baik, dan semakin lebih baik dari waktu ke waktu. Prinsip dasarnya bahwa kualitas-kuantitas hidupku hari ini, harus lebih baik dibanding keadaanku kemarin; dan kualitas-kuantitas kehidupan hari esokku harus lebih baik dibanding keadaan hidupku hari ini. 

Karenanya, (1) jangan pernah bosan menjadi orang baik, jangan pernah bosan untuk berbuat kebaikan; dan (2) jangan pernah merasa sudah melakukan banyak kebaikan-kebajikan. (3) Teruslah menebarkan kebaikan-kebajikan setiap saat dan tempat. (4) Kalau belum mampu melakukan kebaikan-kebajikan yang banyak-dahsyat, maka lakukanlah kebaikan-kebajikan yang semampumu dapat lakukan.

(5) Kalau engkau belum mampu melakukan kebaikan-kebajikan, jangan pernah menghalangi orang lain untuk melakukan kebaikan-kebajikan. Banyak cara untuk menjadi lebih baik.

(6) Kalau hari esok tidak ada, maka hari ini adalah waktu-kesempatan final untuk kita berbuat baik. Maka, tiidak usah terlalu lama atau terlalu banyak memikirkan rencana kebaikan. Hal yang jauh lebih penting, sejatinya, adalah melaksanakan-melakukan kebaikan walaupun dengan batas jumlah yang sedikit. 

Apa kebaikan-kebajikan yang hari ini telah engkau lakukan? Jangan pernah menunda ghirah (semangat menggebu) untuk menjadi orang baik, atau jangan pernah mengulur rencana melakukan kebaikan.

#Bagi-calon-juara-(ahli-surga)-setiap kesempatan adalah final

JUST DO IT.

Pamulang, Ahad 5 September 2021

Artikel Terkait