Pojok Istana

Selamat! Wapres Ma`aruf Amin Raih Penghargaan Bergengsi dari GIFA Award 2021, Ini Prestasinya

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 14/09/2021 18:30 WIB

Wakil Presiden Ma`aruf Amin (Foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) menerima penghargaan prestisius Global Islamic Finance Awards (GIFA) sebagai Global Islamic Finance Leadership Award 2021 untuk kategori institusi.

Selain itu, Wakil Presiden (Wapres) Indonesia KH Ma’ruf Amin juga memperoleh penghargaan 11th GIFA Laureates Award 2021 selaku kepala negara yang mempromosikan perbankan dan keuangan syariah di negaranya dalam ajang penghargaan yang diadakan setiap tahun ini.

Dalam pidatonya, Wapres yang juga merupakan Ketua Harian KNEKS mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan sebuah tantangan untuk terus bekerja keras mewujudkan visi Indonesia menjadi global-hub ekonomi syariah dan industri halal dunia.

“Penghargaan ini juga menjadi motivasi untuk terus mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah sebagai sumber ekonomi baru pasca pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia,” tutur Ma`aruf Amin.

Lebih lanjut, Wapres menjelaskan bahwa ekonomi syariah berpotensi menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi baru Indonesia guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional inklusif yang berdampingan dengan ekonomi konvensional dalam memperkuat ketahanan ekonomi nasional.

Khusus bagi KNEKS, Direktur Eksekutif KNEKS Ventje Rahardjo mengatakan penghargaan ini menjadi motivasi dalam memenuhi tugas untuk mempercepat, memperluas dan memajukan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dalam rangka memperkuat ketahanan ekonomi nasional.

KNEKS merupakan bentuk komitmen penuh pemerintah dalam mendukung visi Indonesia sebagai “negara yang mandiri, makmur dan madani dengan menjadi pusat ekonomi syariah terkemuka di dunia”, yang mana lembaga ini spesial dan unik, serta belum ada yang serupa di dunia.

Prestasi ini juga membuktikan bahwa di bawah kepemimpinan Ketua KNKES, Presiden Joko Widodo dan Ketua Harian KNEKS, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, KNEKS berhasil melakukan fungsi kolaborasi dan sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia.

Sebagai informasi, GIFA Awards telah memberikan beberapa penghargaan kepada Indonesia, di antaranya penghargaan GIFA Islamic Finance Leadership Award 2016 kepada Presiden Joko Widodo, serta GIFA Lifetime Achievement Award 2016 Kepada Ma’ruf Amin selaku Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Pada 2019, Indonesia juga meraih peringkat pertama pengembangan keuangan syariah, serta di tahun 2020, KNEKS mendapatkan penghargaan GIFA Islamic Finance Advocacy Award 2020 sebagai global-hub ekonomi syariah dan industri halal dunia.

Dalam GIFA Awards 2021 ini, beberapa pelaku ekonomi dan keuangan syariah juga mendapatkan penghargaan, yaitu 1) Yayasan Baitul Maal Muamalat sebagai GIFA Excellence Award (Islamic Social Responsibility) 2021, 2) Tazkia Islamic University College GIFA Championship Award (Education in Islamic Banking & Finance) 2021, 3) Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai GIFA Market Leadership Award (Islamic Banking) 2021, dan 4) Indonesia Stock Exchange (IDX) sebagai GIFA Islamic Capital Market Award 2021.

Loading...

Artikel Terkait