Daerah

Bupati Tanah Datar Eka Putra Letakan batu Pertama Pembangunan Pasar Sumanik Kecamatan Salimpaung

Oleh : luska - Kamis, 23/09/2021 19:30 WIB

Tanahdatar, INDONEWS.ID --- Bupati Tanah Datar Eka Putra letakan batu pertama tanda dimulainya  Pembangunan Pasar Sumanik Kecamatan Salimpaung dengan dana Rp 3 milyar.

Peletakan batu pertama tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Tanah Datar Roni Dt. Bungsu dan anggota DPRD lainnya Dedi Irawan, Nurhamdi Zahari, Beni Apero, Kepala Dinas Koperindag beserta Jajaran, Kepala OPD Terkait, Camat Salimpaung Heru Rachman beserta Forkopimca, Pimpinan Bank Nagari Cabang Batusangkar, Wali nagari se-Kecamatan Salimpaung, Ketua KAN, BPRN, Bundo Kanduang, Niniak Mamak Alim Ulama Cadiak Pandai, Tokoh Masyarakat juga pengurus Ikatan Keluarga Sumanik (IKS).

Sebelumnya Kepala Dinas Koperindag Darfizal dalam laporannya sampaikan, proses pembangunan pasar Sumanik sudah dimulai sejak tahun 2020 yang lalu. 

“Kita mengusulkan nama-nama pasar yang akan direhap atau dibangun melalui dana dari Kementerian Perdagangan melalui aplikasi SIPR. Ada 7 pasar yang kita usulkan untuk kita lakukan pembangunannya atau rehab, dari 42 jumlah pasar yang ada di Tanah Datar," katanya.

Ketujuh pasar yang diusulkan, tambah Darfizal, memang harus dan perlu kita lakukan pembangunan/rehab secepatnya.

“Alhamdulillah dengan terbitnya Permendag nomor 41/2021 tentang Penunjukan Lokasi Pembangunan Pasar Melalui Alokasi Dana TP Kementerian Perdagangan, Pasar Nagari Sumanik terpilih menjadi salah satu pasar yang ada di Sumatera Barat yang akan dibangun dengan menggunakan Dana Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan RI,” 

Di Pasar Nagari Sumanik juga dibangun mushalla, fasilitas kesehatan, kantor dan juga pos keamanan sebagai sarana pelengkap yang harus ada untuk setiap pasar tradisional di seluruh Indonesia.

“Ini dirancang untuk pasar rakyat yang mengarah ke pasar modern. Pembangunan Pasar Nagari Sumanik melalui Dana Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan RI tahun 2021 ini akan dikerjakan oleh CV. Temika Jaya Utama dengan anggaran sebesar 3 milyar lebih dan durasi kontrak kerja selama 97 hari kalender.

Sementara ituBupati Tanah Datar Eka Putra mengharapkan Pembangunan Pasar Sumanik hendaknya betul memberi dampak positiv bagi pelaku pasar.

Pasar merupakan salah satu tempat utama perputaran roda perekonomian suatu daerah, oleh karena itu pasar menjadi penting bagi kemajuan ekonomi di daerah, bagi masyarakat kehadiran pasar sangat dibutuhkan terutama dalam kebersihan dan, kenyamanannya. 

Bupati juga mengharapkan setelah pembangunannya selesai nanti Pasar Nagari Sumanik bisa memberikan dampak positif bagi pelaku pasar. 

“Pesan saya, nanti jangan ada rebut gara-gara rebutan kios atau lapak didalam pasar, bersama-sama kita sehingga semuanya berjalan aman dan lancar. Begitu juga kepada niniak mamak, KAN dan pemerintah nagari, nanti bersama-sama kita,” 

Bupati Eka juga tidak lupa ucapkan terimakasih kepada semua unsur yang ada di nagari karena selama ini selalu bersinergi dan bermusyawarah dalam setiap keputusan yang diambil, sehingga tidak ada riak-riak kemelut yang terjadi di nagari.karena  dengan adanya pasar yang representatif nanti pelaku UKM yang akan menjadi penggerak utamanya di pasar.(M.Datuk)

TAGS : Tanah datar

Artikel Terkait