Daerah

Berantas Rentenir Bank Nagari Luncurkan Program KUR Super Mikro Marandang di Padang Panjang

Oleh : luska - Minggu, 26/09/2021 12:31 WIB

Padang Panjang, INDONEWS.ID -- Satu  lagi Inovasi Bank Nagari diluncurkan di Padang Panjang yaitu  Program KUR Super Mikro Marandang (Melawan Rentenir Daeah Minang) di Pasar Kuliner Padang Panjang.

Peluncuran itu dilakukan Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano luncurkan program Bank Nagari KUR Super Mikro “Marandang” (Melawan Rentenir Daerah Minang), di Pasar Kuliner (Paskul).

Peluncuran Program Marandang di tengah pusat kegiatan ekonomi masyarakat itu, juga diapresiasi dari Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumbar Yusri, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar, Wahyu Purnama, Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari, Gusti Candra.

Sementara itu Kepala OJK sumbar  Yusri menilai, langkah Bank Nagari Cabang Padang Panjang dan Pemko meluncurkan Program Marandang di tempat transaksi masyarakat, sangat tepat dan sampai kepada tujuan dan sasaran, yakni masyarakat pelaku UMKM.

“Diluncurkannya Program KUR Super Mikro Marandang di tengah-tengah pelaku ekonomi masyarakat, gaungnya akan cepat sampai kepada pelaku ekonomi yang akan kita bantu dan kepada rentenir yang akan diberantas melalui program kredit ini,” 

Sedangkan Direktur Kridit dan Syariah Bank Nagafk Gusti Candra menuturkan, program ini diberi nama “Marandang” sesuai dengan masakan khas Minangkabau. Selain itu juga bertujuan untuk melawan keberadaan rentenir, yang seringkali mengikat dan menyengsarakan para pelaku usaha kecil di daerah.

“Sesuai tujuannya, maka kami ciptakan proses pembiayaan cepat dan syarat yang mudah. Untuk persyaratan memanfaatkan Program Marandang ini cukup mudah. Yakni memiliki usaha yang jelas, lalu tidak sedang terikat pinjaman di bank ataupun lembaga keuangan lainnya. Memiliki surat izin usaha dari pemerintah setempat,” 

Kepala Cabang Bank Nagari Padang Panjang, Zulhendri mengatakan, peluncuran Program Marandang itu terselenggara atas kerja sama pihaknya bersama Pemko dan Persatuan Pedagang Kuliner Malam Padang Panjang.

"Alhamdulillah, kehadiran Program Marandang ini disambut baik pelaku usaha di Pasar Kuliner. Sebelum launching ini, kami bersama Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperdakop UKM) dan Ketua P5 telah menyosialisasikan program ini kepada pelaku usaha kuliner di Kota Padang Panjang,” ujar Zulhendri.

Wako Padang Panjang Fadly  Amran mengatakan, Program Marandang ini menjadi bukti negara hadir untuk memulihkan perekonomian masyarakat, khususnya dimasa pandemi Covid-19.

“KUR ini dijamin Pemerintah. Jadi sayang sekali jika tidak dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha masyarakat. Untuk itu kami mengajak para pelaku usaha yang kesulitan modal dalam menjalankan usaha dimasa pandemi ini untuk menggunakan KUR Super Mikro Program Marandang ini,”

Peluncuran Program Marandang di Pasar Kuliner ini, ditandai dengan penyerahan secara simbolis dana pinjaman kepada enam pelaku UMKM di Kota Padang Panjang, yang diserahkan Fadly bersama Yusri, Wahyu Purnama dan Gusti Candra serta Zulhendri. (M.Datuk)

Artikel Terkait