Daerah

Tragis! Kegiatan Susur Sungai di Ciamis Tewaskan 9 Siswa MTs, 1 Masih Hilang

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 16/10/2021 09:01 WIB

Proses evakuasi korban meninggal saat kegiatan susur sungai di Ciamis (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Sebanyak 9 siswa Madrasah Tsanawiyah (Mts) ditemukan tewas usai tenggelam saat kegiatan susur sungai di Ciamis, Jawa Barat, Jumat (15/10).

Secara keseluruhan, dalam kegiatan susur Sungai Cileueur itu ada 10 siswa yang tenggelam, di mana satu lagi sampai pukul 19.37 WIB, masih dicari tim gabungan yang terdiri atas SAR, BPBD Ciamis, TNI-Polri, dan masyarakat sekitar.

Jasad yang telah ditemukan dievakuasi ke ke IPJ RSUD Ciamis.

"Totalnya ada 10 orang, 7 laki-laki dan 3 orang siswi," ujar Pengurus Ponpes Cijantung Dandeu Rifai di lokasi kejadian.

Menurut Dandeu, ada sekitar 100 orang siswa yang mengikuti kegiatan tersebut. Namun ia belum mengetahui pasti judul kegiatan tersebut.

"Kegiatan harusnya ada izin dari pesantren. Kita fokus melakukan pencarian terlebih dahulu," ungkapnya.

Alfi, seorang warga setempat, menjelaskan saat ia sedang mancing melihat sejumlah siswa sedang menyebrang sungai. Namun mereka menyebrang di bagian yang dalam dan terus bagian tengah sungai. Padahal saat itu kondisi arus sungai sedang surut.

"Saya pikir mereka bisa berenang karena nyeberang di bagian yang dalam. Tapi ternyata ada yang tenggelam. Tanpa berpikir panjang saya langsung turun untuk menolong. Tadi ada sekitar 10 orang lebih," ujar Alfi di lokasi kejadian.

Tak berlangsung lama warga lain yang melihat langsung ikut membantu menolong siswa yang tenggelam. Bahkan menghubungi BPBD Ciamis dan PMI untuk membantu mengevakuasi.*

 

Artikel Terkait