Daerah

Akabri 99 Bantu Korban Angin Puting Beliung di Cibinong, Bogor

Oleh : indonews - Kamis, 21/10/2021 11:44 WIB

AKABRI angkatan 99 memberikan bantuan ke para korban di Cibinong. (Foto: Indonews/Yopi)

Bogor, INDONEWS. ID - Peduli atas kemanusiaan korban angin puting beliung yang melanda Bogor, AKABRI angkatan 99 memberikan bantuan  ke para korban di Cibinong.

Angin puting beliung menimpa warga Kampung Sampora, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor Rabu (20/10/2021) dini hari.

Penyerahan 130 paket bantuan ini langsung diberikan oleh Kapolsek Cibinong, AKP Bayu Tri Nugraha Hidayat kepada warga Sampora.

Terdapat 70 rumah dan 2 pondok pesantren yakni pondok pesantren Daarut Tauhid  dan Pondok pesantren As Shoheh yang menerima bantuan.

Kapolsek Cibinong, AKP Bayu Tri Nugraha Hidayat mengungkapkan, bantuan yang diberikan oleh AKABRI 99 bagi masyarakat Sampora ini, diharapkan dapat meringankan beban  para warga  terdampak angin puting beliung.

Kepada masyarakat pun diharapan untuk tetap bersabar atas musibah yang menimpa ini.

Kapolsek juga meminta masyarakat tetap menjaga kebersamaan, dan tetap saling membantu.

Dari data yang diperoleh, sebanyak 234 Kepala Keluarga (KK) dengan 970 jiwa di empat kecamatan di Kabupaten Bogor dengan 13 titik jadi korban akibat terjangan bencana hujan deras dan angin kencang.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko mengatakan, data sementara ada empat kecamatan dengan 13 titik.

Adapun keempat kecamatan tersebut antara lain, Cibinong, Citeureup, Sukaraja dan Bojong Gede. Bencana yang terjadi yakni banjir, angin kencang dan pohon tumbang.

Aris melanjutkan, untuk wilayah yang paling terdampak seperti, di Perumahan Ambar Waringin Jaya, Kecamatan Bojonggede karena banjir. Banjir disebabkan adanya tanggul di Kali Kemuning yang jebol hingga air merendam 112 rumah warga.

“Ketinggian air sekitar 20-40 centimeter,” kata Aris sambil menambahkan, wilayah yang paling terdampak lainnya berada di Desa Puspanegara, Kecamatan Citeureup dan Desa Cilebut Barat, Kecamatan Sukaraja.

Warga korban angin puting beliung bercerita, jika banjir ini juga sempat menghantam 11 titik di Kota Bogor karena hujan yang mengguyur wilayah ini selama dua hari berturut-turut.

Bencana alam tersebut terjadi di tiga kecamatan seperti longsor, banjir lintasan, pohon tumbang, atap rumah rusak hingga rumah ambruk.

Dari peristiwa alam itu, terdapat 60 rumah warga yang terdiri dari 71 KK dengan 252 jiwa terdampak.

Selanjutnya, juga ada fasilitas umun yang ikut terdampak yaitu, satu jalan setapak warga dan kabel listrik milik PLN. (yopi)

Loading...

Artikel Terkait