Gaya Hidup

Cara Mempersiapkan dan Menghitung Biaya Pendidikan Anak

Oleh : very - Kamis, 28/10/2021 16:59 WIB

Menghitung biaya pendidikan anak. (Foto: Prudential Indonesia)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Menghitung biaya pendidikan anak sedini mungkin adalah hal yang perlu dilakukan sebagai orangtua. Perencanaan Pendidikan yang matang pastinya juga tidak akan merugikan Anda di masa depan. Selain itu, Anda juga tidak perlu bersusah payah lagi untuk mencari dana Pendidikan tersebut. Mereka pun justru akan lebih semangat belajar sebab diberikan fasilitas terbaik oleh orang tuanya. Lalu bagaimana cara menghitungnya?

 

Persiapan dan Cara Menghitung Biaya Pendidikan Anak

Banyak yang menganggap bahwa menghitung biaya pendidikan anak adalah hal yang sulit. Namun jangan khawatir karena pada artikel ini akan dijelaskan tips-tips yang bisa dilakukan dalam membuat perencanaan Pendidikan anak hingga cara menghitung biaya pendidik anak. Adapun beberapa hal yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang, antara lain:

 

1. Melakukan Riset Sekolah

Anda bisa temui banyak pilihan sekolah sebagai tempat Pendidikan anak seperti sekolah swasta, negeri, reguler, asrama, hingga sekolah internasional. Namun pilihan sekolah tersebut tentu memerlukan biaya yang tidak sama. Sehingga Anda perlu riset terlebih dahulu lalu mencari tahu biaya pendaftaran dari masing-masing sekolah tersebut. Dengan begitu, budget pengeluaran bisa diperhitungkan.

 

2. Menghitung Dana Pendidikan Masa Sekarang

Setelah Anda mempunyai pilihan sekolah maka selanjutnya membedakan biaya berdasarkan tingkat pendidikannya seperti TK, SD, SMP, SMA, hingga kuliah. Sebab masing-masing tingkatan ini tentu memiliki waktu dan cara berbeda dalam menabung. Jika Anda sudah mengantongi gaji bulanan tetap, maka Anda hanya perlu perhitungkan uang pangkal dari mulai jenjang TK hingga SMA.

Hal ini dikarenakan uang sekolah anak bisa diambil dari penghasilan bulanan. Akan tetapi, jika belum mempunyai gaji yang tetap, maka sebaiknya perhitungkan dulu uang sekolah bulanan anak. Sedangkan untuk kuliah S1, Anda bisa mulai menghitungnya dari awal masuk hingga lulus kira-kira 4 tahun. Lalu sebaiknya Anda mengambil patokan dari sekolah yang paling mahal dari hasil riset sekolah tadi. Sehingga ini akan lebih mempermudah Anda jika sewaktu-waktu memilih sekolah lain.

 

3. Menghitung Dana Pendidikan Masa Depan

Biaya Pendidikan yang cenderung selalu naik setiap tahun membuat Anda harus tetap mempersiapkan dan menghitung dana Pendidikan untuk masa depan. Apalagi jika adanya inflasi, sehingga biaya tentu akan melonjak lebih tinggi. Inflasi ini adalah suatu kondisi dimana harga barang akan mengalami kenaikan dan menyebabkan meningkatnya nilai mata uang. Pada akhirnya, perekonomian keluarga Anda akan ikut terdampak

 

4. Menghitung Biaya Pendidikan Melalui Kalkulator Online

Untuk mempermudah Anda dalam menghitung dan memprediksi biaya pendidikan anak dimasa depan. Maka Anda bisa gunakan kalkulator Indonesia online yang ada pada halaman PRUCerah dari Prudential. Adapun beberapa detail yang harus disiapkan antara lain:

  • Present Value (nilai biaya saat ini)
  • Future Value (nilai biaya masa depan)
  • Kontribusi setiap bulan (Periodic Payment)
  • Periode (total bulan periode menabung)
  • Inflasi (Interest rate)

Dengan menggunakan kalkulator dana pendidikan anak PRUCerah, Anda bisa menghitung biaya pendidikan anak dengan lebih mudah. Namun, Anda juga harus tetap mencocokkan jenis investasi atau tabungan yang akan dipilih untuk memenuhi dana pendidikan anak tersebut.

Jika dana pendidikan anak diperlukan dalam kurun waktu yang dekat, maka menabung bisa jadi pilihan yang cocok. Sedangkan untuk kurun waktu yang masih panjang seperti lebih dari 10 tahun maka investasi adalah pilihannya.

Dari banyaknya perencanaan yang harus Anda lakukan di atas, pastinya kini Anda sudah mulai mengerti akan pentingnya menghitung biaya Pendidikan anak dari sekarang. Jika semakin dini Anda mempersiapkan dana pendidikan anak, maka akan semakin enteng juga pengeluaran Anda di masa depan. ***

Loading...

Artikel Terkait