Nasional

Antusiasme 600 Warga Jepang Saksikan Wayang Kulit & Main Gamelan dalam Festival Indonesia di Yamanashi, Jepang

Oleh : Rikard Djegadut - Minggu, 31/10/2021 21:12 WIB

Warga Jepang antusias mengikuti workshop Gamelan. (Foto: KBRI Tokyo)

Tokyo, INDONEWS.ID - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBR) Tokyo menyelenggarakan Indonesian Festival di Yamanashi Gakuin University (YGU), Kota Kofu, Prefektur Yamanashi Sabtu (30/10). Acara yang terbagi dalam tiga sesi ini diselenggarakan secara hybrid dan dihadiri oleh lebih 621 orang yang terdiri dari 380 warga Jepang yang hadir langsung dan 241 orang yang hadir secara daring.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi dalam acara di Memorial Hall YGU memberikan kuliah umum yang berjudul: Indonesia dan Jepang Berbagi Masa Depan Bersama.

"Hubungan Indonesia-Jepang saling melengkapi dari segi ekonomi, demografi, sumber daya alam hingga teknologi. Indonesia ingin terus perkuat kerja sama dengan Jepang di berbagai bidang termasuk bidang pendidikan," ujar Dubes Heri yang didampingi Ibu Nuning Akhmadi, Kepala Bidang Pensosbud Meinarti Fauzie dan Diplomat Muda Mukti R. Setianto.

Presiden YGU Koji Furuya mengapresiasi penyelenggaraan Indonesian Day KBRI Tokyo ini. "Terima kasih sekali atas kegiatan ini. Saya berharap ke depannya akan semakin ada peningkatan kerja sama Jepang - Indonesia," kata Koji Furuya bersama Walikota Kofu YĆ«ichi Higuchi yang berkesempatan hadir di acara ini.

Usai menyimak kuliah umum dari Dubes Heri, peserta mengikuti lokakarya Gamelan dari Grup Semilir dan Pergelaran Wayang Kulit oleh Ki Dalang Sumiyanto dengan lakon Bimo Cangkang.

Antusiasme warga Jepang terlihat saat berkesempatan mencoba langsung memainkan instrumen Gamelan dengan bimbingan pemain grup Gamelan Semilir.

Di akhir acara, KBRI Tokyo memberikan omiyage (bingkisan) berupa makanan dan bumbu instan khas Indonesia kepada para peserta.*

Artikel Terkait