Nasional

Dirut Pertamina Beberkan Kondisi Terkini Kilang Minyak Cilacap yang Terbakar

Oleh : Rikard Djegadut - Minggu, 14/11/2021 13:39 WIB

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati (Foto: Detik.com)

Jakarta, INDONEWS.ID - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan pihaknya telah berhasil memadamkan total kebakaran yang terjadi di kilang minyak Pertamina Cilacap, Jawa Tengah, pada Minggu pagi, 14 November 2021.

Nicke Widyawati menjelaskan sebenarnya api sempat padam pada malam tadi, tepatnya pada pukul 23.05 WIB. Hanya saja ada foam yang membuat api kembali menyala.

"Secara garis besar, pemadaman berhasil dilakukan, saya sendiri memantau dari CCTV, sebenarnya jam 23.05 WIB api sudah padam, cuma ada foam jadi ada api kembali, dan saat tadi sudah 7 pagi sudah dipadamkan," kata Nicke dalam konferensi pers secara virtual, Minggu, 14 November 2021.

Nicke memastikan semua kondisi di Kilang Minyak Pertamina RU IV Cilacap telah aman.

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya, mengatakan tangki yang terbakar pada Sabtu kemarin berisi BBM jenis Pertalite.

Kilang Cilacap merupakan satu dari 6 Kilang Pertamina, dan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari. Kilang tersebut memiliki 228 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.*

Artikel Terkait