Nasional

Ini Ciri-Ciri Sekolah Unggulan yang Harus Kamu Tahu

Oleh : very - Selasa, 30/11/2021 17:30 WIB

Contoh SMA swasta terbaik. (Foto: goethe.de)

Jakarta, INDONEWS.ID -- Jumlah sekolah di Indonesia sangatlah banyak, tetapi tidak semuanya merupakan sekolah unggulan. Para orangtua tentu menginginkan anaknya untuk menempuh pendidikan di sekolah unggulan. Namun, untuk bisa masuk di sekolah unggulan bukan suatu yang mudah karena jumlah saingannya juga banyak. Lalu sebenarnya, apa sih ciri-ciri sekolah unggulan itu?

 

Ciri-ciri Sekolah Unggulan

Sebelum memutuskan mendaftarkan anaknya di suatu sekolah unggulan, sebaiknya orang tua terlebih dahulu mengetahui apa saja ciri-ciri sekolah unggulan.

Hal ini penting untuk dilakukan supaya tidak salah memilih sekolah. Lalu, apa saja ciri-cirinya? Yuk, simak pembahasannya berikut ini.

  1. Memiliki Fasilitas yang Lengkap

Salah satu indikator yang bisa digunakan untuk mengetahui sekolah unggulan atau tidak yaitu dilihat dari fasilitas yang tersedia. Sekolah unggulan pasti menyediakan fasilitas yang lengkap dan memadai.

Seperti yang ada di SMA Dwiwarna (Boarding School), salah satu SMA unggulan di Jawa Barat yang memiliki berbagai fasilitas lengkap. Dimana fasilitas-fasilitas tersebut disediakan untuk menunjang proses pembelajaran supaya lebih optimal.

Selain untuk menunjang proses pembelajaran, fasilitas yang disediakan juga berguna untuk mengembangkan potensi, bakat dan minat yang dimiliki siswa. Beberapa fasilitas yang biasanya tersedia di sekolah unggulan adalah ruang kelas yang nyaman, laboratorium, sarana olahraga, perpustakaan, ruang ibadah, kantin, dan masih banyak lagi.

 

  1. Tenaga Pengajar yang Berkualitas

Untuk menghasilkan siswa yang berprestasi dibutuhkan tenaga pengajar yang berkualitas. Tenaga pengajar yang berkualitas pastinya menguasai mata pelajaran yang diajarkan dengan baik sehingga bisa menyalurkan ilmu yang dimiliki kepada para siswa. Tenaga pengajar yang mengajar mata pelajaran tertentu harus sesuai dengan kualifikasi pendidikannya sehingga lebih berkompeten di bidangnya. Jika begini maka keberhasilan belajar siswa bisa tercapai dengan mudah.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui tenaga pengajar di suatu sekolah berkualitas atau tidak yaitu dengan cara mencari informasi sebanyak-banyaknya. Informasi tersebut bisa didapatkan dengan datang langsung ke sekolah kemudian melihat cara tenaga pengajar di sekolah tersebut sedang mengajar dan mendampingi anak didiknya. Selain itu, bisa juga dengan melihat prestasi yang didapatkan siswanya. Jika siswanya banyak yang berkualitas berarti sekolah tersebut merupakan sekolah unggulan.

 

(Siswa sedang melakukan praktik di laboratorium. Foto: radarbogor.id)

  1. Kurikulum yang Digunakan

Ciri-ciri sekolah unggulan selanjutnya bisa dilihat dari kurikulum yang digunakan. Kurikulum itu sendiri merupakan kumpulan, rencana, tujuan, materi pembelajaran serta cara mengajar yang digunakan. Setiap sekolah pasti memiliki kurikulum yang akan digunakan sebagai pedoman para tenaga pengajar atau guru untuk mencapai tujuan akhir suatu pembelajaran.

Perlu diketahui jika konsep sekolah unggulan adalah mempunyai tujuan untuk mencapai kesuksesan dalam belajar. Kurikulum memiliki beberapa komponen seperti materi kurikulum, tujuan kurikulum, strategi pembelajaran, organisasi kurikulum serta evaluasi. Dimana kurikulum yang digunakan satu sekolah dengan sekolah lainnya bisa saja berbeda. Untuk sekolah unggulan, ada yang menggunakan kurikulum nasional atau kurikulum internasional.

 

  1. Menghasilkan Lulusan yang Berkualitas

Suatu sekolah dikatakan masuk kedalam kategori sekolah unggulan apabila menghasilkan lulusan yang berkualitas. Kualitas lulusannya yang unggul tentu akan mempengaruhi akreditasi sekolah. Jika lulusannya banyak yang menjadi orang sukses maka akreditasi yang diperoleh juga akan baik. Hal ini juga berlaku untuk sebaliknya.

Lihat juga bagaimana persebaran alumni sekolah tersebut. Apakah alumninya banyak yang memilih melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi swasta atau perguruan tinggi negeri. Biasanya sekolah unggulan akan mencantumkan kualitas para alumninya di website resmi sekolah. Jadi, orangtua bisa langsung mengeceknya.

 

  1. Lingkungan Sekolah yang Aman dan Tertib

Sekolah unggulan pasti memiliki lingkungan sekolah yang aman dan tertib. Lingkungan sekolah yang seperti ini sangatlah penting karena bisa mempengaruhi pertumbuhan dan juga perkembangan siswa. Selain itu, tujuan pembelajaran di sekolah tersebut bisa tercapai dengan optimal.

Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membangun lingkungan sekolah yang aman dan tertib adalah menata ruang kelas belajar sebaik mungkin, komunikasi antara guru dan siswa terjalin dengan baik, menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan dan sebagainya.

Nah itulah informasi tentang ciri-ciri sekolah unggulan yang harus diketahui. Dengan melihat ciri-ciri tersebut maka Anda tidak akan salah memilih sekolah. Dimana sekolah yang dipilih benar-benar sekolah unggulan. Salah satu SMA Swasta Terbaik yang berkualitas sangat baik adalah SMA Dwiwarna (Boarding School). Dengan bersekolah disini, kamu bisa mendapatkan pendidikan berkualitas dan berguna untuk masa depan! ***

Artikel Terkait