https://vinosdeabona.com/slot-gacor/ https://www.tpcd.org.tr/slot-deposit-pulsa/ https://healthcare.skho.moph.go.th/labor-care/uploads/slot-deposit-pulsa/ https://seoscaning.com/slot-deposit-dana/ http://www.info-secur.ru/old/slot-deposit-pulsa-tanpa-potongan/ http://academia.uniminuto.edu/becassp/notas/jasabola/

Nasional

Cara Rizal Ramli Menanamkan Pentingnya Kebijakan Publik kepada Anaknya

Oleh : very - Selasa, 07/12/2021 12:34 WIB

Ekonom senior, Rizal Ramli dan Dhitta Puti Saraswati Ramli. (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID -- Ada berbagai macam cara orang tua menanamkan pendidikan karakter dalam diri anak-anak. Ada yang mendidik dengan cara memberi nasihat kepada anak-anak. Namun ada juga orang tua yang hanya memberi contoh yang baik kepada sang anak.

Tokoh nasional Rizal Ramli bersama istri punya cara tersendiri dalam mendidik buah hati mereka.

Hal itu diungkapkan oleh puteri Rizal Ramli, Dhitta Puti Saraswati Ramli.

Tiba-tiba, entah mengapa, Dhitta mengingat suatu ketika dirinya diajak oleh ayah dan ibunya menonton film (musikal).

“Inget diajak bapak nonton film (musikal) Evita Peron tahun 1996. Setelah nonton, bapak dan mama mengajak ngobrol,” ujarnya mengenang kejadian 25 tahun lalu itu.

Melalui obrolan itu, kata Dhitta, sang ayah sebenarnya mau mengajarkannya – anaknya yang masih duduk di bangku SMP kala itu– tentang sebuah kebijakan publik. Tentu dengan bahasa yang bisa ditangkap oleh siswa SMP waktu itu.

Dhitta mengingat kata-kata sang ayah, meski tidak persis sama dengan yang diucapkannya waktu itu.

"Di film ada adegan Evita Peron membagi-bagi uang dan melakukan berbagai amal lainnya, yang sepertinya baik. Evita Peron dianggap seperti orang suci. Namun, sebenarnya di masa itu, suami Evita yakni Juan Domingo Peron, Presiden Argentina saat itu, kebijakan ekonominya tidak menguntungkan rakyat kecil. Inflasi besar-besaran terjadi sehingga banyak pekerja kehilangan pekerjaan," demikian Dhitta mengingat nasihat sang ayah ketika itu.

Rizal Ramli, yang saat ini merupakan ekonom tangguh, seperti diungkap oleh Jusuf Kalla, tidak banyak mengeluarkan kata-kata hingga mulutnya berbusa-busa dalam mendidik anak-anak. Kata-katanya terbatas, dan tertata. Namun dia juga mengajak anak melalui pengalaman pribadi dan bersama. Dengan mengalami sendiri sebuah peristiwa atau kejadian, sang anak diharapkan bisa mengerti apa yang sedang dirasakan oleh masyarakat, dan dunia sekitarnya.

Melalui pengalaman menonton adegan Evita Peron di atas Rizal Ramli mau mengajarkan kepada anaknya bahwa betapa penting dan strategisnya sebuah kebijakan publik. Seorang pejabat bisa menggunakan kebijakan untuk menyengsarakan rakyat yang dipimpin namun juga bisa mengangkat rakyatnya dari sengsara dan penderitaan.

Adegan Evita Peron juga menyadarkan kita semua bahwa seorang pejabat bisa saja terlibat dalam KKN. Bahwa kekuasaan itu cenderung merusak dan kekuasaan mutlak akan merusak secara mutlak. Keluarganya bisa saja terlibat dalam berbagai aksi kemanusiaan seperti membagi-bagi sembako, membantu masyarakat yang terhimpit pandemi Covid. Namun hal tersebut hanyalah upaya untuk mengkamuflase, mengelabui semua perbuatan korupsi yang dilakukannya.

Bahwa sang pejabat dan keluarganya sok suci, alim dan gemar berkata-kata menggunakan bahasa Kitab Suci. Tapi sebenarnya hal itu dilakukan untuk menyebunyikan ketakaman yang tersimpan rapat di dalam dirinya.

Mantan Menko Kemaritiman itu memadukan kata-kata (pengajaran) dan contoh atau tindakan dalam menasihati anak-anaknya. Ayah dari Daisy Orlana RamliDipo Satria Ramli, dan Dhitta Puti Saraswati Ramli seolah menerapkan betul pribahasa Latin ini dalam mendidik anak-anak yaitu, “Verba Docent Exempla Trahunt” yang berarti “kata-kata (hanya) mengajar namun contoh itu (lebih) menarik”.

Contoh menarik inilah yang benar-benar diterapkan Rizal Ramli dalam mendidik anak-anak. Contoh yang sama itu pula yang diajarkan ibu Rizal Ramli, Rabiah, ketika mendidik Rizal Ramli kecil, dengan suka membaca. Dan suka membaca inilah telah menjadi kebiasaan alumnus ITB dan Boston University itu hingga saat ini. ***

Loading...

Artikel Terkait