https://vinosdeabona.com/slot-gacor/ https://www.tpcd.org.tr/slot-deposit-pulsa/ https://healthcare.skho.moph.go.th/labor-care/uploads/slot-deposit-pulsa/ https://seoscaning.com/slot-deposit-dana/ http://www.info-secur.ru/old/slot-deposit-pulsa-tanpa-potongan/ http://academia.uniminuto.edu/becassp/notas/jasabola/

Bisnis

Tanpa Studi Kelayakan Memadai, Rizal Ramli Minta Stop Proyek Infrastruktur `Komando Bos`

Oleh : very - Kamis, 09/12/2021 12:50 WIB

Ekonom Senior Dr Rizal Ramli (Foto: RMOL)

Jakarta, INDONEWS.ID --- Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli mengingatkan pemerintah agar tidak asal membangun proyek infrastruktur. Pasalnya, proyek tersebut selama ini banyak yang tidak dilengkapi studi kelayakan (feasiblity study) yang memadai.

Ekonom senior itu mengatakan, pembangunan infrastruktur tersebut memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Namun banyak dari proyek infrastruktur tersebut hanya merupakan keinginan atasan. Karena itu, hanya menjadi beban bagi ABPN.

“Pembangunan infrastuktur itu perlu. Tapi proyek2 infrastruktur ‘komando boss’, tanpa feasibility study, jadi bancakan, dibiayai utang dan buntutnya hanya jadi beban APBN,” kata Rizal Ramli seperti dikutip dari akun Twitternya, @RamliRizal, dipantau di Jakarta, Kamis (9/12/2021).

Mantan Menko Kemaritiman itu mencontohkan sejumlah proyek yang selama ini mangkrak dan menjadi beban bagi ABPN.

“Seperti monorail Palembang, bandara Kertajati dll. Proyek2 ‘Komando’ sering terjadi dgn mark-up 30-50%,” pungkasnya. ***

 

Loading...

Artikel Terkait