Bisnis

Permudah Pelanggan, Pegadaian dan BRI Luncurkan Kartu Emas

Oleh : very - Senin, 20/12/2021 19:25 WIB

Direktur Utama PT Pegadaian Kuswiyoto, Wakil Direktur Utama BRI, Catur Budi Harto, Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani dan Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman, dalam acara peluncuran produk Kartu Emas di Jakarta, Senin (20/12).

Jakarta, INDONEWS.ID --  PT Pegadaian (Persero) berkolaborasi dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) hari ini meluncurkan produk terbaru yaitu Kartu Emas, di Jakarta, Senin (20/12). Produk Kartu Emas ini dipersembahkan bagi para pemegang tabungan emas yang selama melakukan transaksi di PT Pegadaian.

Peluncuran produk kartu emas ini dihadiri oleh Direktur Utama PT Pegadaian Kuswiyoto, Wakil Direktur Utama BRI, Catur Budi Harto, Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani dan Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman, dan para undangan lainnya.

“Hari ini adalah hari bersejarah buat kami di Pegadaian karena atas support dari BRI yang luar biasa sehingga kita bisa meluncurkan produk Kartu Emas BRI dan Pegadaian ini,” ujar Kuswiyoto dalam kata sambutannya yang dilakukan secara hybrid, yaitu secara offline maupun online.

Menurut Kuswiyoto, selama ini pihaknya telah mengincar BRI karena memiliki kesamaan customer base yang luar biasa.  

“Customer kami (PT Pegadaian) juga luar biasa, sehingga ini merupakan perpaduan dua institusi, dua lembaga yang luar biasa. Semoga kerja sama ini menghasilkan sinergi yang sangat bagus,” katanya.

Kartu Emas ini, katanya, sangat berguna dan penting karena jika orang menyimpan emas di rumah tidak ada manfaatnya. “Kalau nanti bapak/ibu menabung di Pegadaian maka bapak/ibu akan mendapatkan manfaat yang luar biasa,” ujar Kuswiyoto.

Karena itu dia berharap agar rekan-rekan di Pegadaian bisa memanfaatkan kerja sama ini dengan sebaik-baiknya demi membantu masyarakat dan demi membantu iklusi keuangan yang telah dicanangkan pemerintah.

(Launching Produk kartu emas. Foto: Indonews.id)

Sementara itu Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto mengatakan jika sebelumnya emas menjadi salah satu dari kebutuhan gaya hidup, maka saat ini penggunaannya berubah yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup para nasabah.

Ia mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan salah satu gebrakan setelah PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PT PNM) menjadi bagian dari keluarga besar BRI. “Semoga tabungan ini mendorong pertumbuhan akses customer (pelanggan) kita sehingga Pegadaian dengan layanan tabungan emasnya yang sangat besar dan berpengalaman bisa memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat,” katanya.

Catur mengatakan ada beberapa manfaat tabungan emas tersebut. Pertama, untuk melengkapi layanan Pegadaian dalam transaksi para nasabahnya.

Kedua, memberi kemudahan terhadap nasabah kartu emas dalam mengakses melalui mobile. Ketiga, produk ini mempunyai manfaat besar bagi BRI yaitu mendorong pertumbuhan BRI dari tahun-tahun sebelumnya.

Karena itu, dia menargetkan akan ada pertumbuhan minimal 500 ribu kartu emas yang bisa diterbitkan dari hasil kerja sama tersebut.

Sementara itu, kartu emas tersebut juga dapat meningkatkan inklusi keuangan dan mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi.

 

Digarap dalam Tempo 8 Bulan

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengaku gembira karena hari ini kerjasama dengan Pegadaian tersebut bisa direalisasikan. “Sebenarnya proyek ini kita kerjakan kurang lebih 8 bulan lebih. Kita menyepakati banyak hal dan kita akhirnya bisa selesaikan dan meluncurkan tepat pada hari HUT BRI ke 126 ini,” katanya.

Dia mengatakan jika kinerja bank lain mengalami penurunan, maka tidak demikian dengan BRI. “BRI di masa pandemi justru kita meningkat dari sisi volume, kita mengalami double digit, tumbuh 20 persen lebih,” tuturnya.

Riko Abdurrahman mengatakan sangat gembira dengan kolaborasi tersebut. Dia mengatakan bahwa kartu emas ini bisa digunakan di semua jaringan ATM yang ada.

“Kami juga punya visi yang sama yaitu memajukan inklusi keuangan masyarakat. Dan ada potensi untuk memperluas akses masyarakat melalui kerjasama ini,” pungkasnya. ***

Artikel Terkait